PENGARUH METODE BERCERITA DAN KEMAMPUAN MENYIMAK TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA DINI DI TK YPIS MAJU BINJAI

Utami, Rahayu Dwi (2016) PENGARUH METODE BERCERITA DAN KEMAMPUAN MENYIMAK TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA DINI DI TK YPIS MAJU BINJAI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8146182033_COVER.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8146182033_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8146182033_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8146182033_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8146182033_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8146182033_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8146182033_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8146182033_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8146182033_BAB I.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8146182033_BAB V.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8146182033_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh metode bercerita dengan menggunakan alat peraga boneka tangan dan metode bercerita dengan menggunakan buku cerita bergambar terhadap pembentukan karakter disiplin, 2) Pengaruh kemampuan menyimak terhadap pembentukan karakter disiplin anak usia dini, 3) Interaksi antara metode bercerita dan kemampuan menyimak terhadap pembentukan karakter disiplin anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Penelitian dilaksanakan bulan Januari sampai Februari 2016. Populasi penelitian adalah siswa kelompok B TK YPIS Maju Binjai sebanyak 52 orang yang ditentukan secara random sampling. Adapun sampel sebanyak 52 orang yang terdistribusi kedalam 2 kelas, kelompok B1 sebanyak 25 orang sebagai kelas kontrol dan Kelompok B2 sebanyak 27 orang sebagai kelas eksperimen. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis varians dua jalur. Hasil Penelitian sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan hasil pembentukan karakter disiplin siswa yang diajar dengan metode bercerita dengan menggunakan boneka tangan (X= 82,3) lebih tinggi dari pada hasil pembentukan karakter disiplin siswa yang diajar dengan menggunakan buku cerita bergambar (X = 70,16), hasil analisis varians menunjukkan nilai Fhitung sebesar 4,537 > nilai Ftabel 2,10 dan nilai probabilitas atau signifikansi 0,001 < 0,05, sehingga Ho ditolak; (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pembentukan karakter disiplin anak dengan kemampuan menyimak tinggi (X = 93) dan siswa yang memiliki kemampuan menyimak rendah (X = 82,57), hasil analisis varians menunjukkan nilai Fhitung sebesar 14,728 > Ftabel 2,10 dengan nilai signifikan 0,0015 < 0,05 , sehingga Ho ditolak; (3) Terdapat interaksi antara metode bercerita dan kemampuan menyimak dalam mempengaruhi pembentukan karakter disiplin siswa, hasil analisis varians nilai Fhitung sebesar 3243,914 > Ftabel 230 dan signifikan 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorYus, Anita195907211986012001
Thesis advisorEviyanti, Evi196501031993032001
Call Number: 372.218 Uta p
Keywords: Metode bercerita; Kemampuan menyimak; Pembentukan karakter disiplin; Teori belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
L Education > LT Textbooks
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:53
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8492

Actions (login required)

View Item View Item