PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA MOLYMOD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROKARBON DI KELAS X SMA

Manalu, Graciana (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA MOLYMOD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROKARBON DI KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4123131038 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4123131038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4123131038 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4123131038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4123131038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4123131038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4123131038 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (3kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4123131038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4123131038 BAB I.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4123131038 BAB V.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4123131038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Media Molymod. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Santo Thomas 3 Medan yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X-3 sebagai kelas kontrol, dan X-5 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing terdiri dari 40 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal dengan lima option. Instrumen tes yang digunakan memiliki nilai reabilitas 0,8012. Karena rhitung > rtabel yaitu 0,801 > 0,349, maka instrumen tersebut reliabel. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan media molymod. Hasil penelitian bahwa untuk kelas eksperimen nilai rata-rata pretest sebesar 30.375 dan nilai rata-rata post-test adalah 84.5 sedangkan nilai rata-rata untuk kelas kontrol adalah 27.375 dan nilai rata-rata post-test adalah 76,875. Hasil uji t pihak kanan diperoleh thitung = 3,6584 dan ttable = 1,994, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran STAD dengan media molymod lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHutabarat, Wesly195107201977101001
Call Number: SK-2016 KIM 046
Keywords: Metode Pembelajaran; Media Molymod ;Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Aug 2016 07:44
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8478

Actions (login required)

View Item View Item