PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE DAN MODEL JIGSAW BERBANTUAN INDEX CARD MATCH PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

Hapsari, Ferina (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE DAN MODEL JIGSAW BERBANTUAN INDEX CARD MATCH PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4123131035 SAMPUL SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4123131035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4123131035 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4123131035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4123131035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4123131035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4123131035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4123131035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4123131035 BAB I .pdf - Published Version

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4123131035 BAB V.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4123131035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan model Jigsaw berbantuan media index card match pada materi hidrolisis garam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Cerdas Murni. Sampel penelitian diambil secara cluster random sampling terdiri dari 2 kelas yaitu kelas eksperimen 1 yang diajarkan dengan model Think Pair Share berbantuan index card match dan kelas eksperimen 2 yang diajarkan dengan model Jigsaw berbantuan index card match. Sampel siswa pada penelitian ini masing-masing berjumlah 24 orang pada kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Penelitian ini menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 20 soal yang telah di uji validitasnya, reabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan distruktor. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan uji t dua pihak. Hasil uji t diperoleh diperoleh thitung > t1/2 (2,76 > 1,007) maka Ha diterima dan Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbantuan media index card match dan model Jigsaw berbantuan media index card match pada materi hidrolisis garam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDewi, Ratna Sari197808122008012021
Call Number: SK-2016 KIM 074
Keywords: Hasil belajar; Think Pair Share; Jigsaw; Index Card Match
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Aug 2016 06:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8467

Actions (login required)

View Item View Item