PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION(PBI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 3 SIDIKALANG PADA MATERI KEPENDUDUKAN DAN LINGKUNGANTAHUN PEMBELAJARAN 2015 / 2016

Sipahutar, Yohana Ningrum (2016) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION(PBI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 3 SIDIKALANG PADA MATERI KEPENDUDUKAN DAN LINGKUNGANTAHUN PEMBELAJARAN 2015 / 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM 4123141100 COVER.docx - Published Version

Download (88kB)
[img] Text
2. NIM 4123141100 APPROVAL SHEET.docx - Published Version

Download (348kB)
[img] Text
3. NIM 4123141100 ABSTRACT.docx - Published Version

Download (19kB)
[img] Text
4. NIM 4123141100 PREFACE.docx - Published Version

Download (21kB)
[img] Text
5. NIM 4123141100 TABLE OF CONTENT.docx - Published Version

Download (24kB)
[img] Text
6. NIM 4123141100 ILLUSTRATION.docx - Published Version

Download (18kB)
[img] Text
7. NIM 4123141100 TABLES.docx - Published Version

Download (18kB)
[img] Text
8. NIM 4123141100 APPENDICES.docx - Published Version

Download (19kB)
[img] Text
9. NIM 4123141100 CHAPTER I.docx - Published Version

Download (164kB)
[img] Text
13. NIM 4123141100 CHAPTER V.docx - Published Version

Download (205kB)
[img] Text
14. NIM 4123141100 BIBLIOGRAPHY.docx - Published Version

Download (33kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem based instruction (PBI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Negeri 3 Sidikalang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana populasinya adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari tujuh kelas dengan jumlah siswa 224 orang. Pengambilan sampel penelitian dilakukan secara random (random sampling). Dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VII-6 sebagai kelas eksperimen (PBI) dan VII-7 sebagai kelas Kontrol. Kelas eksperimen terdapat 30 siswa dan kontrol 30 siswa sehingga sampel berjumlah 60 siswa. Instrumen yang digunakan berupa soal tes berpikir kritis sebanyak 20 soal yang digunakan sebagai soal pretest dan post-test. Rata-rata hasil kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 74,3 dengan standar deviasi 10,31. Kelas kontrol 64,3 dengan standar deviasi 9,9 sehingga terdapat perbedaan nilai sebesar 10 dengan perbandingan eksperimen : kontrol = 1 : 1,15. Pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t menunjukkan nilai thitung = 3,835 dan ttabel = 2,002 dengan taraf signifikansi 0,05. Ho diterima jika –t(1-1/2α)< thit< t(1-1/2α). Berdasarkan kriteria tersebut penelitian ini menolak Ho dan menerima Ha. Sehingga terdapat perbedaan kemampuan berpikir krits siswa yang diajar dengan model problem based instruction pada materi kependudukan dan lingkungan di Kelas VII SMP Negeri 3 Sidikalang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorGaol, Adriana Y. D. Lbn.196404241989031027
Call Number: SK-2016 BIO 107
Keywords: Model Problem Based Instruction; Kemampuan Berpikir Kritis; Pencemaran Lingkungan
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Aug 2016 02:54
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8344

Actions (login required)

View Item View Item