PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK SISWA DI KELAS VII MTS KHADIJAH TANJUNG MORAWA T.A 2015/2016

Putri, Edia Wiradaratama (2016) PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK SISWA DI KELAS VII MTS KHADIJAH TANJUNG MORAWA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 4121111008 COVER.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 4121111008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 4121111008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 4121111008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 4121111008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 4121111008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 4121111008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 4121111008 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 4121111008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 4121111008 BAB I.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.4121111008 BAB V.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. 4121111008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Mengetahui apakah pendekatan realistik dapat meningkatan penalaran matematik siswa pada materi segiempat (2) Mengetahui ketuntasan belajar siswa terhadap kemampuan penalaran matematik (3) megetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan realistik pada materi segiempat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII-2 MTs Khadijah Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 24 orang. Objek penelitian adalah penerapan pendekatan realistik untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematik siswa pada materi segiempat di kelas VII-2 MTs Khadijah Tanjung Morawa T.A 2015/2016. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dimana diakhir setiap siklus diberikan tes kemampuan penalaran matematik siswa untuk mengetahui kemampuan penalaran matematik siswa. Berdasarkan hasil tes kemampuan awal yang dilakukan sebelum tindakan, diketahui tingkat kemampuan penalaran matematik siswa sangat rendah dengan nilai rata-rata kelas 33,68. Setelah pemberian tindakan pada siklus I, tingkat kemampuan penalaran matematik siswa adalah sangat rendah dengan nilai rata-rata kelas 31,01 dan tidak ada siswa yang mencapai tingkat ketuntasan belajar secara individu. Selanjutnya, setelah pelaksanaan tindakan siklus II, tingkat kemampuan penalaran matematik siswa adalah sedang dengan nilai rata-rata kelas 79,86 dengan 21 orang atau sebesar 87,5% siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar. Berdasarkan uraian-uraian di atas dapat disimpulkan penalaran matematik siswa meningkat dengan menerapkan pendekatan realistik pada materi segiempat di kelas VII-2 MTs Khadijah Tanjung Morawa T.A 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasratuddin, 196312311991031030
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 04 Aug 2016 03:22
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8317

Actions (login required)

View Item View Item