UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) DI KELAS VIII SMP NEGERI 17 MEDAN T.A. 2015/ 2016

Hutagaol, Rikardo (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE (TTW) DI KELAS VIII SMP NEGERI 17 MEDAN T.A. 2015/ 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4123111067 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4123111067 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4123111067 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4123111067 PREFACE.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4123111067 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4123111067 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4123111067 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4123111067 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4123111067 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4123111067 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4123111067 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) pada materi kubus dan balok di kelas VIII SMP Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-8 SMP Negeri 17 Medan yang berjumlah 32 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) pada materi kubus dan balok. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan komunikasi matematik. Sebelum diberikan, tes terlebih dahulu divalidkan ke validator. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan observer diperoleh pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan penulis pada siklus I termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata nilai observasi 3,05, dan pada siklus II termasuk kategori baik dengan rata-rata nilai observasi 3,18. Berdasarkan analisis data setelah pemberian tindakan pada siklus I melalui tes kemampuan komunkasi matematik I diperoleh 18 orang siswa (56,25%) dari 32 orang siswa telah mencapai nilai 65. Setelah siklus II, melalui tes kemampuan komunkasi matematik II diperoleh 28 orang siswa (87,5%) dari 32 orang siswa telah mencapai nilai 65. Terjadi peningkatan persentasi tingkat kemampuan komunikasi matematik siswa yang memperoleh nilai 65 sebesar 31,25%. Hasil tes kemampuan komunikasi matematik siswa pada setiap aspek yang diteliti, pada aspek representasi rata-rata nilai siswa pada siklus I 65,63, pada siklus II meningkat menjadi 82,03, aspek menggambar pada siklus I 82,03, pada siklus II meningkat menjadi 85,94, aspek menulis/ menjelaskan pada siklus I 51,56, pada siklus II meningkat menjadi 75,78. Nilai rata-rata pada tes kemampuan komunikasi matematik pada siklus I masih rendah dengan nilai ratarata 62,7 dan pada siklus II meningkat menjadi 79,88 sudah dalam kategori sedang. Peningkatan nilai rata-rata tes yaitu 17,18. Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematik siswa mengalami peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) pada materi kubus dan balok di kelas VIII-8 SMP Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2015/ 2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorManullang, M195205171977021001
Call Number: SK-2016 053
Keywords: Komuniaksi Matematik; Kubus dan Balok; Pembelajaran Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 03 Aug 2016 08:55
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8308

Actions (login required)

View Item View Item