PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP N 1 P.S TUAN

Ayunita, Fitri (2016) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP N 1 P.S TUAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8146171025 COVER.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8146171025 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8146171025 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8146171025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8146171025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8146171025 TABLES.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8146171025 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8146172025 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. 8146171025 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 8146171025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pengaruh kemampuan pemecahan masalah yang diajar dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik dan pendekatan pembelajaran inkuiri, (2) Mengetahui pengaruh disposisi matematis yang diajar dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik dan pendekatan pembelajaran inkuiri, (3) Mengetahui terdapat interaksi antara Pendekatan Pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (4) Mengetahui terdapat interaksi antara Pendekatan Pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap disposisi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan yang berjumlah 1042 siswa, dengan mengambil sampel dua kelas berjumlah 64 siswa. Analisis data dilakukan dengan Anava dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh kemampuan pemecahan masalah yang diajar dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik dan pendekatan pembelajaran inkuiri, (2) Terdapat pengaruh disposisi matematis yang diajar dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik dan pendekatan pembelajaran inkuiri, (3) Terdapat interaksi antara Pendekatan Pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (4) Terdapat interaksi antara Pendekatan Pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap disposisi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMukhtar, 195908071983031033
Thesis advisorSyahputra, Edi195701211989031001
Call Number: 510.071 Ayu p
Keywords: Matematika realistik; Pembelajaran inkuiri; Pemecahan masalah; Disposisi matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 02 Aug 2016 07:55
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8263

Actions (login required)

View Item View Item