MENINGKATKAN HARGA DIRI (SELF-ESTEEM) SISWA DALAM KEHIDUPAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI DI SMK NEGERI 13 MEDAN KELAS X TKJ T.A 2013/2014

Rambe, Ulfa Yaumil Hizry (2014) MENINGKATKAN HARGA DIRI (SELF-ESTEEM) SISWA DALAM KEHIDUPAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI DI SMK NEGERI 13 MEDAN KELAS X TKJ T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1103151067 COVER.pdf]
Preview
Text
1103151067 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 1103151067 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
1103151067 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1103151067 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
1103151067 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of 1103151067 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
1103151067 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 1103151067 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
1103151067 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 1103151067 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
1103151067 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 1103151067 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
1103151067 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 1103151067 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
1103151067 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 1103151067 BAB I.pdf]
Preview
Text
1103151067 BAB I.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 1103151067 BAB V.pdf]
Preview
Text
1103151067 BAB V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 1103151067 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
1103151067 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat peningkatan harga diri (self- esteem) siswa dalam kehidupan sosial melalui layanan bimbingan kelompok teknik diskusi. Penelitian ini dilaksanakan pada pertengahan bulan Mei 2014. Tempat penelitian ini adalah SMK Negeri 13 Medan yang beralamat di Jalan Seruwai Medan Labuhan.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK Negeri 13 Medan yang terdiri dari 30 orang siswa. Kemudian melalui instrumen penilaian harga diri (self-esteem) siswa dalam kehidupan sosial diperoleh 10 siswa yang menjadi subjek penelitian.Dari hasil analisis data diperoleh 4 orang siswa yang memiliki harga diri rendah, 2 orang siswa yang memiliki harga diri kurang dan 4 orang siswa yang memiliki harga diri cukup dalam kehidupan sosial. Setelah tindakan siklus I dilaksanakan, 6 siswa mengalami peningkatan. Dimana 4 siswa yang sebelumnya berada pada kategori rendah meningkat menjadi kurang, 1 orang siswa berada pada kategori kurang meningkat menjadi cukup dan 1 orang siswa berada pada kategori cukup meningkat menjadi tinggi. Setelah tindakan siklus II peningkatan terjadi pada 8 siswa, dimana 5 orang siswa yang sebelumnya berada pada kategori kurang meningkat menjadi cukup dan 3 orang siswa yang sebelumnya berada pada kategori cukup menjadi tinggi.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bimbingan kelompok teknik diskusi dapat meningkatkan harga diri (self-esteem) siswa dalam kehidupan sosial. Maka peneliti menyarankan guru bimbingan konseling dapat menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi sebagai alternatif yang tepat menangani permasalahan siswa khususnya meningkatkan harga diri (self-esteem) dalam kehidupan sosial pada siswa kelas X TKJ SMK Negeri Medan tahun 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 371.46 Ram m
Keywords: Harga Diri; Kehidupan Sosial; Bimbingan Kelompok; Asas-asas; Teknik Diskusi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF795 Temperament. Character
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 02 Aug 2016 07:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7822

Actions (login required)

View Item
View Item