MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN HEURISTIK PADA SISWA KELAS IV SDN 023972 BINJAI T.A 2012/2013

Hasibuan, Safridani (2013) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN HEURISTIK PADA SISWA KELAS IV SDN 023972 BINJAI T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109111057 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111057 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111057 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111057 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111057 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111057 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111057 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111057 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111057 BAB I.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111057 BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111057 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar matematika siswa khususnya pada pokok bahasan Pecahan. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa pada pokok bahasan Pecahan dengan menggunakan pendekatan heuristik pada siswa kelas IV SDN 023972 Binjai T.A 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian siswa kelas IV-A yang berjumlah 24 orang, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Alat pengumpul data berupa lembar observasi. Penelitian terdiri dari dua siklus, setiap siklus dilakukan 2 x pertemuan.Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I pertemuan I terdapat 2 siswa (8,33%) minat belajarnya rendah, 13 siswa (54,17%) minatnya sedang, dan 9 siswa (37,50%) minatnya tinggi. Pertemuan II siswa yang minatnya sedang 10 orang (41,67%), siswa yang minatnya tinggi meningkat 12 orang (50,0%), dan siswa yang minatnya sangat tinggi 2 orang (8,33%). Pada siklus II pertemuan I terdapat 14 siswa (58,33%) minat belajarnya tinggi dan 10 siswa (41,67%) minatnya sangat tinggi. Pertemuan II siswa yang minatnya tinggi 6 orang (25,00%) dan siswa yang minatnya sangat tinggi meningkat 18 orang (75,00%). Pada siklus I persentase klasikal minat belajar 59,74% meningkat 21,68% pada siklus II menjadi 81,42%. Kesimpulannya minat belajar matematika siswa meningkat dengan menggunakan pendekatan heuristik.Kata Kunci : Minat Belajar, Pecahan, dan Pendekatan Heuristik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimbolon, Naeklan19570425 198203 2 001
Call Number: 372.705 Has m
Keywords: Belajar; Minat belajar; Pembelajaran; Heuristik; Matematika; Soal cerita; Pecahan.
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general > NX280 Study and teaching. Research
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7306

Actions (login required)

View Item View Item