MENGGUNAKAN MODEL CREATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SAINS KELAS V SD NEGERI 104204 SAMBIREJO TIMUR TAHUN AJARAN 2011/2012

Chairi, Eka Sherly (2012) MENGGUNAKAN MODEL CREATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SAINS KELAS V SD NEGERI 104204 SAMBIREJO TIMUR TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071211920442 COVER.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920442 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920442 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920442 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920442 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920442 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920442 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920442 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920442 BAB I.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920442 BAB V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920442 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071211920442 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Kelas V SD Negeri 104204 Sambirejo Timur. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif karena penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal masalah-masalah sosial di lingkungan setempat. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model Creative Learning dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran sains Kelas V SD Negeri 104204 Sambirejo Timur Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model Creative Learning dapat dalam pembelajaran sains kelas V SD Negeri 104204 Sambirejo Timur Tahun Ajaran 2011/2012 dengan Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 25 orang siswa. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus. Langkah-langkah setiap pembelajaran terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan nilai pretes, Siklus I, Siklus II. Berdasarkan analisis data pada pada siklus I pertemuan 1 dari 40 indikator yang ada terdapat 4 indikator kriteria tinggi atau sebesar 2 %, sebanyak 16 indikator untuk kriteria rendah 40% dan sebanyak 22 indikator untuk kriteria sangat rendah 55% dengan rata-rata kreativitas belajar siswa 40,00. pada siklus I pertemuan 2 bahwa dari 40 indikator kreativitas belajar siswa sebanyak 7 indikator (17,5%) dengan kategori sangat rendah, sebanyak 17 indikator (42,5%) dengan kategori rendah dan sebanyak 16 indikator (40%) dengan kategori rendah. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 dari 40 indikator kreativitas belajar siswa sebanyak 21 indikator (52,5%) dengan kategori sangat tinggi dan sebanyak 21 indikator (47,5%) dengan kategori sangat tinggi dan pada siklus II pertemuan 2 secara klasikal perubahan kreativitas belajar siswa yaitu sebanyak 24 indikator (60%) dengan kreativitas belajar sangat tinggi dan sebanyak 16 indikator (40%) dengan kreativitas belajar tinggi dengan rata-rata 77,7Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Creative Learning dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran sains Kelas V SD Negeri 104204 Sambirejo Timur Tahun Ajaran 2011/2012. Oleh karenanya guru perlu menerapkan model pembelajara creative learning sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorManalu, Effendi19600511198601002
Call Number: 372.2 Cha m
Keywords: Creative Leraning; Kreativitas Belajar Siswa; Sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7117

Actions (login required)

View Item View Item