PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN OPEN ENDED PROBLEM DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG DI KELAS VIII SMP

Tarigan, Amos Hermanta (2015) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN OPEN ENDED PROBLEM DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG DI KELAS VIII SMP. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8136171006 COVER.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8136171006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8136171006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8136171006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8136171006 LIST OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8136171006 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8136171006 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8136171006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 8136171006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8136171006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) apakah kemampuan berpikir kreatif siswa dalam penerapan model pembelajaran pembelajaran berbasis masalah berbantuan open ended problem lebih tinggi dari pembelajaran langsung, (2) apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam penerapan model pembelajaran pembelajaran berbasis masalah berbantuan open ended problem lebih tinggi dari pembelajaran langsung, (3) kadar aktivitas aktif siswa selama pembelajaran berbasis masalah berbantuan open ended problem (4) tingkat kemampuan guru dalam mengelola kelas dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan open ended problem, (5) proses jawaban siswa dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan open ended problem. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Namorambe yang terdiri dari 6 kelas paralel. Dari seluruh siswa kelas VIII dipilih siswa sebanyak dua kelas sebagai sampel. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas kontrol diberi perlakuan model pengajaran langsung. Dalam penelitian ini telah dikembangkan beberapa perangkat pembelajaran seperti RPP dan LAS. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini yaitu: (1) tes kemampuan berpikir kreatif, (2) tes kemampuan pemecahan masalah, (3) lembar aktivitas aktif siswa, dan (4) lembar observasi tingkat kemampuan guru mengelola pembelajaran. Tes yang digunakan adalah berbentuk uraian yang telah dinyatakan valid dan reliabel dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,819 dan 0,842. Analisis deskriptif ditujukan untuk mendeskripsikan aktivitas aktif siswa, kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan proses jawaban siswa. Analisis inferensial data dilakukan dengan analisis kovarians (ANACOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan berpikir kreatif siswa dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan open ended problem lebih tinggi dari pembelajaran langsung. Hal ini terlihat dari hasil ANACOVA untuk Fhitung =12,54 lebih besar dari Ftabel = 4,01. (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam penerapan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan open ended problem lebih tinggi dari pembelajaran langsung. Hal ini terlihat dari hasil ANACOVA untuk Fhitung =10,97 lebih besar dari Ftabel = 4,01. (3) Kadar aktivitas aktif siswa selama penerapan model pembelajaran berbasis masalah memenuhi toleransi waktu ideal, (4) Kemampuan guru mengelola pembelajaran selama pembelajaran berbasis masalah masuk kedalam kriteria cukup baik, dan (5) Proses jawaban siswa dengan mengunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan open ended problem lebih baik dari pembelajaran langsung.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSinaga, Bornok196509101991021001
Thesis advisorSiagian, Pargaulan195410191980111001
Call Number: 510.071 Tar p
Keywords: Pembelajaran matematika; Model pembelajaran; Berpikir kreatif; Pembelajaran langsung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 28 Jul 2016 02:54
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6983

Actions (login required)

View Item View Item