ANALISIS DAN PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MATERI KIMIA LARUTAN DI SMA

Christianto, Heru (2016) ANALISIS DAN PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MATERI KIMIA LARUTAN DI SMA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (767kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh penuntun praktikum Interakif Berbasis Multimedia (IBM) yang standar untuk siswa kelas XI SMA semester II pada materi kimia larutan. Populasi dalam penelitian ini adalah penuntun praktikum kimia SMA yang beredar di sekolah, seluruh guru kimia di SMA se-Sumatera Utara, seluruh dosen kimia di Universitas Negeri Medan dan seluruh siswa kelas XI di SMAN 5 Medan. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling. Penelitian bersifat deskriptif dan pengembangan eksperimen (research and development). Langkah penelitian meliputi: (a) Analisis penuntun praktikum yang dipergunakan di kelas XI semester II; (b) Pengembangan penuntun praktikum IBM untuk materi kimia larutan di SMA; (c) Validasi penuntun praktikum IBM oleh guru dan dosen; dan (d) Uji coba penggunaan penuntun praktikum IBM dalam pembelajaran praktikum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penuntun praktikum IBM yang telah dikembangkan untuk siswa kelas XI SMA semester II pada materi kimia larutan telah layak/ standar sesuai dengan BSNP. Penuntun praktikum IBM untuk materi kimia larutan terdiri dari percobaan indikator asam basa, indikator alami, titrasi asam basa, hidrolisis garam, dan larutan penyangga/ buffer. Standarisasi penuntun praktikum IBM menunjukkan bahwa responden memberikan respon positif terhadap penuntun praktikum IBM dengan nilai rata-rata standarisasi 4,40 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata standarisasi penuntun praktikum yang ada di sekolah (penuntun praktikum A = 3,81 dan penuntun praktikum B = 3,75). Implementasi penuntun praktikum IBM yang dikembangkan memberikan hasil belajar kognitif yang lebih tinggi kepada siswa kelas eksperimen-1 dibandingkan dengan hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen-2. Persen peningkatan hasil belajar kelas eksperimen-1 sebesar 74% dengan kategori tinggi, sedangkan kelas eksperimen-2 sebesar 65% dengan kategori sedang. Hasil uji coba juga menunjukkan ada pengaruh afektif dan psikomotor terhadap hasil belajar kognitif siswa secara parsial dan simultan. Kontribusi atau pengaruh afekfif dan psikomotor terhadap hasil belajar kognitif siswa sebesar 43,7%. Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar melalui pembelajaran praktikum menggunakan penuntun praktikum IBM yang dikembangkan lebih tinggi (R2 = 0,610) dengan kriteria kuat dibandingkan dengan pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar melalui pembelajaran praktikum menggunakan penuntun praktikum yang ada di sekolah (R2 = 0,077) dengan kriteria rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilaban, Ramlan196006181987031002
Thesis advisorJahro, Iis Siti196510151992032003
Call Number: 541.340 712 Chr a
Keywords: Multimedia; Teori belajar; Media pembelajaran; Penuntun praktikum; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 20 Jul 2016 04:40
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6612

Actions (login required)

View Item View Item