UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE PROYEK DI RA NURUL HADINA MEDAN T.A 2015/2016

Nurhayani (2016) UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE PROYEK DI RA NURUL HADINA MEDAN T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01 COVER.pdf]
Preview
Text
01 COVER.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 02 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (886kB) | Preview
[thumbnail of 03 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 04 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04 PREFACE.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 05 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 06 TABLES.pdf]
Preview
Text
06 TABLES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 07 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
07 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 08 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
08 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 09 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
09 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 13 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 14 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian adalah:rendahnya kecerdasan emosional anak, anak kurang termotivasi dalam kegiatan pembelajaran, metode untuk mengembangkan kecerdasan emosional yang digunakan guru kurang bervariasi, kegiatan yang dilakukan guru dalam pembelajaran lebih memfokuskan pada kemampuan akademik seperti membaca, menulis dan berhitung (calistung), guru belum memperhatikan secara khusus tentang peningkatan kecerdasan emosional anak dalam proses belajar mengajar, guru jarang menerapkan metode proyek dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun melalui metode proyek di RA Nurul Hadina Kec. Patumbak T.A 2015/2016.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian adalah mengembangkan kreativitas anak usia 5-6 tahun. Subjek penelitian ini adalah anak kelas B yang berjumlah 22 orang. Proses penelitian ini dilakukan melalui dua siklus. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi.
Pada Siklus I pertemuan I diperoleh nilai rata-rata anak 43,15 %, anak yang tergolong sangat baik 0 orang anak, tergolong baik 0 orang anak, 21 orang anak yang kecerdasan emosionalnya cukup, dan 1 orang anak kecerdasan emosionalnya kurang. Hasil pengamatan pertemuan II diperoleh nilai rata-rata anak 49,59 %, anak yang tergolong sangat baik 0 orang anak, tergolong baik 0 orang anak, 22 orang anak yang kecerdasan emosionalnyacukup, dan 0 orang anak kecerdasan emosionalnya kurang.Pada siklus II pertemuan I diperoleh nilai rata-rata anak 68,55 %, anak yang tergolong sangat baik 5 orang anak, tergolong baik 10 orang anak, 7 orang anak yang kecerdasan emosional cukup, dan 0 orang anak kecerdasan emosionalnya kurang. Hasil pengamatan pertemuan II diperoleh nilai rata-rata anak 75,74 %, anak yang tergolong sangat baik 8 orang anak, tergolong baik 10 orang anak, 4 orang anak yang kecerdasan emosionalnyacukup, dan 0 orang anak kecerdasan emosionalnyakurang.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode proyek dapat meningkatkan kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun di RA Nurul Hadina Kec. Patumbak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PAUD 017
Keywords: Kecerdasan Emosional;Metode Proyek
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Jul 2016 02:26
Last Modified: 15 Jul 2016 02:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6099

Actions (login required)

View Item
View Item