EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUAN PETA KONSEP DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

Marpaung, Fadilah (2016) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUAN PETA KONSEP DAN SIKAP ILMIAH TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM.8136176012 1.COVER.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8136176012 2. PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8136176012 3.ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8136176012 4.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8136176012 5.DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8136176012 6.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8136176012 7.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8136176012 8.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8136176012 9.BAB I.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8136176012 13.BAB V.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM.8136176012 14.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menganalisis hasil belajar keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan pembelajaran inquiry training berbantuan peta konsep lebih baik dibandingkan pembelajaran ekspositori, (2) untuk menganalisis hasil belajar keterampilan proses sains siswa pada kelompok siswa yang mempunyai sikap ilmiah diatas rata-rata lebih baik dibandingkan kelompok siswa yang mempunyai sikap ilmiah dibawah rata-rata, dan (3) untuk menganalisis interaksi model pembelajaran inquiry training berbantuan peta konsep dan pembelajaran ekspositori dengan sikap ilmiah terhadap hasil belajar keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pemilihan sampel secara sampling total sebanyak dua kelas, dimana kelas pertama diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training berbantuan peta konsep dan kelas kedua dengan pembelajaran ekspositori. Instrument yang digunakan adalah tes essay berbasis keterampilan proses sains yang telah valid dan reliabel. Data yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukan: (1) keterampilan proses sains siswa yang menggunakan model pembelajaran inquiry training berbantuan peta konsep lebih baik dibandingkan pembelajaran ekspositori. (2) keterampilan proses sains siswa pada kelompok siswa yang mempunyai sikap ilmiah diatas rata-rata lebih baik dibandingkan kelompok siswa yang mempunyai sikap ilmiah dibawah rata-rata dan (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran inquiry training berbantuan peta konsep dan pembelajaran ekspositori dengan sikap ilmah dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSahyar, 196004261985031003
Thesis advisorSani, Ridwan A.196406101988031017
Call Number: 530.071 2 Mar e
Keywords: Model pembelajaran; Struktur pengajaran; Sistem sosial; Hasil belajar; Sikap ilmiah; Proses sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 16 Jun 2016 04:08
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5809

Actions (login required)

View Item View Item