PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BIOLOGI BERBASIS PROSES ILMIAH DAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SMP KELAS VII

Retnamasari, Nurhayanti (2016) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BIOLOGI BERBASIS PROSES ILMIAH DAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SMP KELAS VII. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8126173019 COVER.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8126173019 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8126173019 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8126173019 PREFACE.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8126173019 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8126173019 TABLE.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8126173019 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8126173019 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8126173019 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8126173019 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8126173019 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan LKS berbasis proses ilmiah dan pendidikan karakter; (2) mengetahui tanggapan guru terhadap LKS Biologi berbasis proses ilmiah dan pendidikan karakter yang dikembangkan; (3) mengetahui tanggapan siswa terhadap LKS Biologi berbasis proses ilmiah dan pendidikan karakter yang dikembangkan, dan (4) mengetahui keefektivan LKS Biologi berbasis proses ilmiah dan pendidikan karakter terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Borg dan Gall. Penilaian materi terhadap LKS Biologi berbasis proses ilmiah dan pendidikan karakter, terdiri dari kelayakan isi, keterbacaan dan proses ilmiah. Penilaian desain pembelajaran terhadap LKS Biologi berbasis proses ilmiah, terdiri dari ukuran LKS, desain kulit, dan desain. Hasil penelitian menunjukan: (1) model pengembangan Borg dan Gall meliputi enam tahap, yaitu penelitian pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk awal, validasi, revisi, dan uji coba; (2) tanggapan guru biologi termasuk kriteria yang sangat baik persentase rata-rata 91,67%; (4) tanggapan siswa kelompok kecil termasuk kriteria sangat baik persentase rata-rata 81,94%; dan (5) tanggapan siswa kelompok lapangan terbatas termasuk kriteria sangat baik persentase rata-rata 83,17%. Analisis uji t menunjukan bahwa dengan menggunakan LKS berbasis proses ilmiah dan pendidikan karakter 74,38 ± 12,89 (Mean± SD) signifikan lebih tinggi daripada tanpa menggunakan LKS berbasis proses ilmiah dan pendidikan karakter 60,74 ± 14,69 (thit= -0.90; P=0,000). Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKS Biologi Berbasis Proses Ilmiah dan Pendidikan Karakter pada SMP Kelas VII layak digunakan sebagai penunjang pembelajaran biologi dalam upaya meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSipahutar, Herbert196106261987101001
Thesis advisorHasruddin, 196404241989031027
Call Number: 570.071 Ret p
Keywords: Proses sains; Pendidikan karakter; IPS; LKS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 13 Jun 2016 03:20
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5725

Actions (login required)

View Item View Item