Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Tema 6 Panas dan Perpindahannya Kelas V SDN 066655 Medan T.A 2021/2022

Ripta, Fazaria (2022) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Tema 6 Panas dan Perpindahannya Kelas V SDN 066655 Medan T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1 NIM 1183111072 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM 1183111072 COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM 1183111072 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2 NIM 1183111072 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (754kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM 1183111072 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3 NIM 1183111072 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM 1183111072 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4 NIM 1183111072 PREFACE.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 5  NIM 1183111072 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5 NIM 1183111072 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 6  NIM 1183111072 TABLES.pdf]
Preview
Text
6 NIM 1183111072 TABLES.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 7  NIM 1183111072 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7 NIM 1183111072 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 8  NIM 1183111072 CHARTS.pdf]
Preview
Text
8 NIM 1183111072 CHARTS.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 9  NIM 1183111072 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9 NIM 1183111072 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 10  NIM 1183111072 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10 NIM 1183111072 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[thumbnail of 14  NIM 1183111072 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14 NIM 1183111072 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of 15  NIM 1183111072 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15 NIM 1183111072 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui penggunaan model pembelajaran project based learning Pada Tema 6 Panas dan Perpindahannya Kelas V SDN 066655 T.A. 2021/2022, mengetahui hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran project based learning terhadap Tema 6 Panas dan Perpindahannya Kelas V SDN 066655 T.A. 2021/2022, dan mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar Pada Tema 6 Panas dan Perpindahannya Kelas V SDN 066655 T.A. 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Exsperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data adalah tes dalam bentuk soal pilihan berganda sebanyak 10 soal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji T-Test dengan dua pihak. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 066655, Kelas VA 30 Siswa, dan Kelas VB 25 Siswa.Hasil dari penelitian diperoleh nilai penyebaran soal Pretest sebelum diberi perlakukan memperoleh nilai rata-rata 33,7. Setelah guru memberikan perlakukan dengan mengajar menggunakan model pembelajaran project based learning, guru kembali menyebarkan soal Posttest dengan nilai rata-rata 79,3. Hasil hipotesis memperoleh Thitung = 6,256 sedangkan Ttabel = 2,006 dengan α = 0,05. Dari data tersebut, di peroleh hasil perhitungan Thitung>Ttabel artinya Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan perbedaan. Maka, ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil tema 6 panas dan perpindahannya kelas V SDN 066655 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2023-PGSD-047
Keywords: Model Pembelajaran Project Based Learning; Eksperimen; Hasil Belajar Peserta Didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 18 Mar 2024 07:06
Last Modified: 18 Mar 2024 07:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54821

Actions (login required)

View Item
View Item