ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 13 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022

Ginting, Metavianti (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MAKANAN DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 13 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4183141078 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4183141078 COVER.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4183141078 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4183141078 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4183141078 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4183141078 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 4.NIM 4183141078 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4.NIM 4183141078 PREFACE.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4183141078 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4183141078 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4183141078 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4183141078 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4183141078 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4183141078 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4183141078 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4183141078 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar siswa berdasarkan indikator pembelajaran dan faktor penyebabnya pada materi pokok sistem pencernaan makanan kelas XI MIA SMA Negeri 13 Medan tahun pembelajaran 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 orang dari kelas XI MIA 4 yang diambil secara random dari populasi. Berdasarkan analisis data secara deskriptif diperoleh tingkat kesulitan belajar siswa pada materi sistem pencernaan makanan. Hasil tes menunjukkan bahwa siswa berada di kategori tidak tuntas. Kesulitan belajar siswa berdasarkan indikator pembelajaran 1 (menganalisis zat makanan), 2 (identifikasi bagian saluran pencernaan), 3 (menu makanan seimbang) sangat tinggi sedangkan 4 (menganalisis prinsip perolehan nutrisi) tergolong tinggi. Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa dalam mempelajari materi sistem pencernaan makanan yaitu kesehatan, minat, motivasi, materi dan media.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 BIO 021
Keywords: Kesulitan belajar; Sistem pencernaan; Kompetensi profesional guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 06 Mar 2024 04:27
Last Modified: 06 Mar 2024 04:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/54685

Actions (login required)

View Item
View Item