PENGARUH MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA EXELEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI POKOK ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT KELAS X SMA

Siregar, Evy Noviyanti (2015) PENGARUH MODEL MENGAJAR MENGINDUKSI PERUBAHAN KONSEP (M3PK) SIMSON TARIGAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA EXELEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI POKOK ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT KELAS X SMA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan M3PK dan exe learning lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional dan exe learning (2) Apakah keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan M3PK dan exe learning lebih tinggi dibandingkan keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional dan exe learning. (3) Apakah terdapat interaksi antara M3PK dengan menggunakan media exelearning dan model pembelajaran konvensional dengan keterampilan berpikir kritis siswa terhadap hasil belajar kimia siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Dharma Pancasila Medan yang terdiri dari 6 kelas. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan purpossive sampling dan diambil sebanyak 2 kelas dengan 2 (dua) kelompok perlakuan yaitu dengan M3PK Berbasis Exelearning dan dengan model konvensional dengan media Exelearnig. Instrumen pengumpulan data digunakan tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 butir soal, serta instrumen data keterampilan berpikir kritis siswa digunakan lembar observasi. Telah dilakukan uji persyaratan berupa uji normalitas dan homogenitas, yang diperoleh hasil bahwa data normal dan homogen. Teknik analisa data dilakukan dengan General Linier Models (GLM) Univariate untuk hipotesis 1, 2 dan 3. Teknik analisa data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan M3PK dan exe learning lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional dan exe learning (diperoleh Sig: 0,005) (2) Keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan M3PK dan exe learning lebih tinggi dibandingkan keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional dan exe learning. (diperoleh Sig: 0,002) (3) Terdapat interaksi antara M3PK dengan menggunakan media exelearning dan model pembelajaran konvensional dengan keterampilan berpikir kritis siswa terhadap hasil belajar kimia siswa. (diperoleh Sig: 0,003).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMahmud, 195802221989031002
Thesis advisorTarigan, Simson196002231983061005
Call Number: 541.372 071 2 Sir p
Keywords: Hasil belajar; Model mengajar; Pendidikan karakter; Materi elektrolit; Media pembelajaran exelearning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 24 May 2016 03:02
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5391

Actions (login required)

View Item View Item