PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMP PRAYATNA MEDAN

Siregar, Nurdiana (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI SMP PRAYATNA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8136181018. COVER.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8136181018. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8136181018. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8136181018. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8136181018. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8136181018. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8136181018. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8136181018. BAB I.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. 8136181018. BAB V.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 8136181018. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kepercayaan diri siswa setelah diterapkannya pembelajaran berbasis masalah dan untuk melihat interaksi antara gender dan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kepercayaan diri siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Sampel penelitian sebanyak 73 siswa yaitu 36 siswa pada kelas VIII-5 dan 37 siswa pada kelas VIII-6. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan skala kepercayaan diri. Data yang diperoleh dianalisis dengan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional (2) peningkatan kepercayaan diri siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional (3) Tidak terdapat interaksi antara gender dengan pembelajaran terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah (4) Tidak terdapat interaksi antara gender dengan pembelajaran terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAsmin, 195708041985031002
Thesis advisorFauzi, Muhammad Amin196406291993031001
Call Number: 372.83 Sir p
Keywords: Pemecahan masalah; Kepercayaan diri; Pembelajaran berbasis masalah; Keterkaitan gender
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 24 May 2016 02:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5388

Actions (login required)

View Item View Item