Hubungan Kepercayaan Dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas X MAN 1 Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2021/2022

Nasution, Annisa Fitri (2022) Hubungan Kepercayaan Dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas X MAN 1 Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 1182151002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 1182151002 COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 1182151002 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 1182151002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 1182151002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 1182151002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 82151002 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 82151002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (427kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 82151002 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 82151002 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 82151002 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 82151002 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 82151002 LIST OF PICTURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 82151002 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 82151002 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 82151002 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 82151002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 82151002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (685kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 82151002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 82151002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 82151002 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 82151002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dengan interaksi sosial siswa kelas X MAN 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitaif dengan pendekatan korelasional yang bertujuan untuk mengetahui seberapa erat hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat serta berarti atau tidaknya hubungan kedua variabel tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 1 Padangsidimpuan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling sebanyak 208 orang siswa. Data penelitian dikumpulkan menggunakan instrumen
kepercayaan diri berjumlah 31 item pernyataan dan instrumen interaksi sosial berjumlah 37 item pernyataan yang telah valid dan reliabel. Data dianalisis menggunakan Statistik Korelasi Product Moment menggunakan SPSS untuk
menguji hipotesis yang telah ada dalam penelitian. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan menggunakan Korelasi Product Moment hasil analisis sebesar
0,503 dengan taraf signifikan 0,05 N=208 terlihat bahwa rhitung > rtabel dimana 0,503 > 0,135. Jadi rhitung lebih besar daripada rtabel, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa
hipotesis nol (Ho) ditolak dan (Ha) diterima, dengan koefisien determinasi 25,3% dan berpengaruh positif, artinya semakin tinggi kepercayaan diri siswa maka semakin tinggi pula kemampuan interaksi sosial siswa kelas X MAN 1
Padangsidimpuan. Sedangkan 74,7% dipengaruhi lainnya yang tidak diteliti seperti: kemampuan menggunakan bahasa, kemampuan berkomunikasi, dan berani tampil di depan umum. Sehingga ada hubungan positif yang signifikan antara kepercayaan diri dengan interaksi sosial siswa kelas X MAN 1 Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kepercayaan diri; Interaksi Sosial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 15 Mar 2024 04:07
Last Modified: 15 Mar 2024 04:07
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53829

Actions (login required)

View Item
View Item