META ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIS PESERTA DIDIK

Lestari, Winda (2022) META ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4152111039 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4152111039 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4152111039 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4152111039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4152111039 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4152111039 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4152111039 PREFACE .pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4152111039 PREFACE .pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4152111039 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4152111039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 4152111039 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 4152111039 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4152111039 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4152111039 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 4152111039 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 4152111039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Besar pengaruh penggunaan media pembelajaran matematika terhadap kemampuan matematis peserta didik secara keseluruhan, (2) Besar pengaruh penggunaan media pembelajaran matematika terhadap kemampuan matematis berdasarkan jenjang pendidikan, (3) Besar pengaruh penggunaan media pembelajaran matematika terhadap kemampuan matematis berdasarkan media pembelajaran yang digunakan, (4) Besar pengaruh penggunaan media pembelajaran matematika terhadap kemampuan matematis berdasarkan materi yang diajarkan, (5) Besar pengaruh penggunaan media pembelajaran matematika terhadap kemampuan matematis berdasarkan kemampuan matematis yang diukur. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dan didapatkan 17 penelitian yang sesuai dengan kriteria. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dengan bantuan software publish or perish. Hasil analisis data menunjukkan bahwa : (1) Secara keseluruhan media pembelajaran matematika memiliki pengaruh besar terhadap kemampuan matematis peserta didik sebesar 0,972, (2) Berdasarkan jenjang pendidikan, penggunaan media pembelajaran memiliki pengaruh yang besar jika digunakan pada jenjang SMP/MTs dengan effect size sebesar 1,039 (n=16, SD=0,754), (3) Berdasarkan media pembelajaran yang digunakan, media visual memiliki pengaruh besar terhadap kemampuan matematis peserta didik sebesar 1,003 (n=13, SD=0,641), (4) Berdasarkan materi, penggunaan media pembelajaran dengan materi logika memiliki pengaruh besar terhadap kemampuan matematis sebesar 1,237 (n=2, SD=0,489), (5) Berdasarkan kemampuan matematis yang diukur, penggunaan media pembelajaran berpengaruh besar terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik yaitu sebesar 1,303 (n=3, SD=0,353)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2023 MAT 001
Keywords: Meta analisis; Kemampuan matematis; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 29 Nov 2023 09:11
Last Modified: 29 Nov 2023 09:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53607

Actions (login required)

View Item
View Item