ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS X PADA MATERI VERTEBRATA DI SMA SWASTA PAB 8 SAENTIS

Niate, Mahbengi (2022) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS X PADA MATERI VERTEBRATA DI SMA SWASTA PAB 8 SAENTIS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4183141068 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4183141068 COVER.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4183141068 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4183141068 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4183141068 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4183141068 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4183141068 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4183141068 PREFACE.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4183141068 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4183141068 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4183141068 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4183141068 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4183141068 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4183141068 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4183141068 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4183141068 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa kelas X SMA Swasta PAB 8 Saentis berdasarkan 3 kompetensi yaitu kompetensi menjelaskan fenomena secara ilmiah, mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah dan kompetensi menafsirkan data dan bukti secara ilmiah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X berjumlah 191 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal pilihan ganda berjumlah 30 soal pada materi vertebrata, lembar observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan literasi sains siswa rendah dengan rata-rata nilai sebesar 37,66. Berdasarkan nilai yang diperoleh kemampuan siswa dalam berliterasi sains dikategorikan kedalam tiga kategori yaitu kategori dasar, cakap dan mahir. Siswa dengan kategori dasar berjumlah 21,46%, pada kategori cakap sebesar 47,12% dan siswa dengan kategori mahir sebesar 31,41%. Pencapaian siswa untuk masing-masing indikator juga rendah, dengan rata-rata kemampuan siswa pada kompetensi menjelaskan fenomena secara ilmiah sebesar 41,41, kompetensi merancang dan mengevaluasi penyelidikan ilmiah sebesar 38,11, dan kompetensi menafsirkan data dan bukti secara ilmiah sebesar 33,35.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 BIO 121
Keywords: Literasi sains; Vertebrata; Berpikir tingkat tinggi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
Q Science > QL Zoology > QL605 Chordates. Vertebrates
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Oct 2023 04:47
Last Modified: 31 Oct 2023 04:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53501

Actions (login required)

View Item
View Item