PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY) PADA MATERI SISTEM KOLOID

Saputri, Sri Dewi (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODUL TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY) PADA MATERI SISTEM KOLOID. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4181131016 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4181131016 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM. 4181131016 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2.NIM. 4181131016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4181131016 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4181131016 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4181131016  PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4181131016 PREFACE.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4181131016  TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4181131016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4181131016  CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4181131016 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4181131016  CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4181131016 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4181131016  BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4181131016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya penggunaan bahan ajar yang dapat membantu peserta didik serta kurangnya perhatian peserta didik terhadap lingkungan dan sesama. Kemampuan peserta didik dalam menghubungkan materi yang dipelajari dengan teknologi, lingkungan, dan masyarakat juga menjadi salah satu tuntutan dalam pembelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas, respon peserta didik, dan hasil belajar peserta didik terhadap e-modul pembelajaran terintegrasi pendidikan karakter berbasis SETS pada materi sistem koloid. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Labuhan Deli. Populasi dalam penelitian ini adalah guru, dosen kimia, dan peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil secara purposive sampling sebanyak satu kelas yakni kelas XI MIPA. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa e-modul pembelajaran kimia yang dikembangkan dinyatakan valid oleh validator ahli dengan kriteria “Sangat Layak” dengan rata-rata validasi skor 3,74 ± 0,443. Kemudian, berdasarkan hasil pengolahan angket respon siswa, diperoleh bahwa e-modul yang dikembangkan secara keseluruhan mendapatkan persentase sebesar 88,58% yang termasuk kedalam kriteria “Sangat Baik”. Sejalan dengan data yang diperoleh dari tes hasil belajar siswa setelah menggunakan bahan ajar e-modul memperlihatkan peningkatan hasil belajar. Selanjutnya, data dianalisis dengan One Sample T-Test pada program SPSS 22.0 for windows dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan e-modul bahan ajar kimia terintegrasi pendidikan karakter berbasis SETS pada materi sistem koloid lebih besar dari 75.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 KIM 060
Keywords: E-modul; Pendidikan karakter; Sistem koloid; Bahan ajar; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Oct 2023 07:35
Last Modified: 23 Oct 2023 07:35
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53455

Actions (login required)

View Item
View Item