PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (Guided Inquiry ) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA PADA MATERI TERMOKIMIA

Tamba, Nancy Davici (2022) PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (Guided Inquiry ) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA PADA MATERI TERMOKIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4183331040 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4183331040 COVER.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4183331040 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4183331040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4183331040 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4183331040 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4183331040 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4183331040 PREFACE.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4183331040 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4183331040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4183331040 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4183331040 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4183331040 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4183331040 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4183331040 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4183331040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran inkuiri terbimbing adalah suatu model pembelajaran dimana siswa dituntut lebih aktif untuk memecahkan masalah dalam pembelajaran, sedangkan guru berperan sebagai fasilitator dan motivator. Peranan guru dalam pembelajaran membantu siswa untuk memahami mengenai hakekat sains dan literasi sains melalui penerapan berbagai strategi dan metode pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran Guided Inquiry dan Direct Instruction berbantuan video pembelajaran, dan mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan inkuiri terbimbing lebih tinggi dari yang diajar dengan Direct Instruction. Peneletian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ronggurnihuta Kabupaten Samosir bulan November-Desember. Penelitian ini bersifat penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design), yang terdiri dari kelas eksperimen dengan model pembelajaran Guided Inquiri dan kelas kontrol dengan Direct Instruction. Data diolah secara deskriptif dan analisis secara kuantitatif menggunakan program SPSS 20 for windows. Nilai rata-rata Pretest kelas Ekperimen adalah 34,17 dan nilai rata-rata Postest adalah 84,72. Sedangkan dalam kelas kontrol nilai rata-rata Pretest 34,44 dan nilai posttest 76,81. Dari pengolahan dan analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar kelas eksperimen dengan N-Gain sebesar 77,46% (berada pada kategori tinggi) dan kelas kontrol dengan N-Gain sebesar 63,91% (berada pada kategori sedang). Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) berbantuan video pembelajaran lebih baik dan lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dari model Direct Instruction.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 KIM 050
Keywords: Inkuiri terbimbing; Pengajaran langsung; Video pembelajaran; Termokimia; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Oct 2023 05:39
Last Modified: 19 Oct 2023 05:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53444

Actions (login required)

View Item
View Item