PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PBL DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL BERBANTUAN MEDIA iSpring PADA MATERI LAJU REAKSI

Aritonang, Hengki Wijaya P. (2022) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PBL DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL BERBANTUAN MEDIA iSpring PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4183131022 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4183131022 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4183131022 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4183131022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4183131022 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4183131022 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4183131022 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4183131022 PREFACE.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4183131022 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4183131022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4183131022 CHAPTER  I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4183131022 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4183131022 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4183131022 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4183131022 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4183131022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa dan motivas belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model PBL berbantuan media ispring dengan model pembelajaran konvensional berbantun media iSpring pada materi laju di SMA Swasta PAB 8 Saentis. Populasi penelitian ialah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta PAB 8 Saentis. Sampel terdiri dari siswa kelas XI SMA Swasta PAB 8 Saentis, yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen (XI IPA 2) dengan model PBL dan kelas kontrol (XI IPA 3) dengan model konvensional. Instrumen yang digunakan adalah instrument tes dan non tes. Data hasil belajar siswa terlebih dahulu di uji normalitas dan homogenitasnya, dimana hasil yang didapat kedua sampel tersebut berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji independent sample t-test, hasil penelitian ini menunjukkan pada hipotesis 1 dihasilkan nilai sig sebesar 0,001 pada taraf signifikansi 5% (α= 0,05). Apabila nilai sig < α maka Ho ditolak. Dengan demikian, menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model PBL berbantuan media Ispring dengan model pembelajaran konvensional berbantuan media iSpring. Sedangkan hipotesis 2 diperoleh nilai sig sebesar 0,04 menunjukkan adanya perbedaan motivasi belajar siswa dan hipotesis 3 diperoleh nilai sig 0,035 menunjukkan terdapat korelasi antara motivasi dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan model PBL berbantuan media ispring dengan model pembelajaran konvensional berbantun media iSpring.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 KIM 069
Keywords: Laju Reaksi; Problem based learning; Motivasi belajar; Ispring
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 12 Oct 2023 08:50
Last Modified: 12 Oct 2023 08:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53436

Actions (login required)

View Item
View Item