PENGARUH MINAT, SELF-EFFICACY DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMA NEGERI 9 MEDAN KELAS XI MIPA T.A 2021/2022

Napitupulu, Zeus Hotlan Salim (2022) PENGARUH MINAT, SELF-EFFICACY DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMA NEGERI 9 MEDAN KELAS XI MIPA T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4172111047 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4172111047 COVER.pdf - Published Version

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4172111047 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4172111047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4172111047 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4172111047 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4172111047 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4172111047 PREFACE.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4172111047 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4172111047 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4172111047 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4172111047 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4172111047 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4172111047 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4172111047 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4172111047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah terdapat pengaruh minat belajar dan motivasi belajar melalui Self-Efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa di SMA Negeri 9 Medan Kelas XI MIPA T.A 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) untuk melihat hubungan sebab akibat. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari tiga kelas yaitu kelas XI MIPA 4, XI MIPA 5, dan XI MIPA 6. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapati perolehan pengaruh total dari minat belajar melalui Self- Efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa di sekolah tersebut sebesar 78,405% sedangkan pengaruh total dari motivasi belajar melalui Self-Efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa di sekolah tersebut sebesar 44,683%. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwasahnya pengaruh total dari minat belajar melalui Self-Efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa di SMA Negeri 9 Medan sangat berpengaruh dibandingkan pengaruh motivasi belajar melalui Self- Efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal tersebut juga menandakan bahwa minat belajar memberikan pengaruh yang besar terhadap hasil belajar bahkan ketika menambahkan Self-Efficacy sebagai faktor penunjang keberhasilan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 MAT 147
Keywords: Minat belajar; Motivasi belajar; Self-efficacy; Hasil belajar matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Sep 2023 05:19
Last Modified: 25 Sep 2023 05:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/53417

Actions (login required)

View Item
View Item