PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK, INKUIRI, DAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR, PEMAHAMAN KONSEP, DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DI SMA NEGERI 1 KISARAN

Hasibuan, Putri Sabila Alhaq (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK, INKUIRI, DAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR, PEMAHAMAN KONSEP, DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DI SMA NEGERI 1 KISARAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8136174024 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8136174024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8136174024 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8136174024 PREFACE.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8136174024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8136174024 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8136174024 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8136174024 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8136174024 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8136174024 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8136174024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek, inkuiri, dan konvensional terhadap: (1) hasil belajar, (2) pemahaman konsep, dan (3) keterampilan proses sains siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMA Negeri 1 Kisaran. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas A dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek, kelas B dengan model pembelajaran inkuiri, sedangkan kelas C dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda, tes pemahaman konsep, dan keterampilan proses sains dalam bentuk uraian. Teknik analisis data menggunakan Analisis Kovariat (ANAKOVA) pada taraf signifikasi α = 0,05 dengan bantuan SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran terhadap hasil belajar (P= 0,000). Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek (82,50 ± 7,90) lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran inkuiri (79,77 ± 8,48) dan konvensional (69,34 ± 8,23). (2) Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran terhadap pemahaman konsep (P= 0,000). Pemahaman konsep siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri (80,55 ± 7,65) lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran berbasis proyek (77,76 ± 8,83) dan konvensional (68,58 ± 8,34). (3) Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran terhadap keterampilan proses sains (P= 0,000). Keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inkuiri (78,95 ± 8,257) lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran berbasis proyek (77,02 ± 8,24) dan konvensional (65,34 ± 7,11). Berdasarkan hasil penelitian model pembelajaran inkuiri lebih baik dari model pembejaran berbasis proyek dan konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHasruddin, 196404241989031027
Thesis advisorEdi, Syahmi196407101990031002
Call Number: 570.707 1 Has p
Keywords: Hasil belajar; Pembelajaran inkuiri; Pembelajaran konvensional; Proses sains
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH501 Life
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 20 May 2016 04:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5327

Actions (login required)

View Item View Item