PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUMBUL

Samosir, Ike Ria (2022) PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SUMBUL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 4181111037 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 4181111037 COVER.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 2. 4181111037 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 4181111037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[thumbnail of 3. 4181111037 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 4181111037 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 4. 4181111037 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 4181111037 PREFACE.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 5. 4181111037 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 4181111037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 9. 4181111037 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. 4181111037 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 13. 4181111037 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. 4181111037 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 14. 4181111037 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. 4181111037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan menerapkan pendekatan matematika realistik di kelas VIII SMP Negeri 2 Sumbul tahun ajaran 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Sumbul yang berjumlah 32 orang. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, tes kemampuan berpikir kritis matematis dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum melakukan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan disetiap akhir siklus diberikan tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Hasil tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa mengalami peningkatan dari tes awal, siklus I, dan siklus II. Pada tes awal secara klasikal diperoleh 6 siswa (18,75%) tuntas dan rata-rata kemampuan tes awal ialah 46,29 dengan tingkat kemampuan kategori tidak kritis. Pada tes siklus I mengalami peningkatan secara klasikal diperoleh 20 siswa (62,5%) tuntas dan rata-rata kemampuan diperoleh 67,87 dengan tingkat kemampuan kategori kurang kritis. Kemudian pada tes siklus II mengalami peningkatan pula secara klasikal diperoleh 28 siswa (87,5%) tuntas dan rata-rata kemampuan diperoleh 85,25 dengan tingkat kemampuan kategori kritis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sumbul.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 MAT 136
Keywords: Matematika realistik; Berpikir kritis; Kubus; Balok; Bangun ruang sisi datar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 16 May 2023 08:03
Last Modified: 16 May 2023 08:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/52159

Actions (login required)

View Item
View Item