PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERPIKIR KREATIF PADA MATERI RANGKAIAN ARUS SEARAH DI SMA/MA

Silalahi, Veronica M F (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES BERPIKIR KREATIF PADA MATERI RANGKAIAN ARUS SEARAH DI SMA/MA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4183121049 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4183121049 COVER.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4183121049 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4183121049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4183121049 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4183121049 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4183121049 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4183121049 PREFACE.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4183121049 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4183121049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4183121049 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4183121049 TABLES.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4183121049 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4183121049 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4183121049 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4183121049 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4183121049 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4183121049 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4183121049 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4183121049 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4183121049 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4183121049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan instrumen tes berpikir kreatif pada materi Rangkaian Arus Searah melalui hasil analisis validitas, realibilitas dan uji respon serta untuk mengetahui respon siswa terhadap instrumen tes berpikir kreatif yang dikembangkan. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini merupakan 15 orang siswa kelas XII MIA 3 SMA Negeri 1 Sumbul sebagai kelas uji kelompok kecil dan 69 orang siswa kelas XII MIA 1 dan XII MIA 3 SMA Negeri 1 Sumbul sebagai kelas uji kelompok besar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Dengan instrumen penelitian yang terdiri dari lembar wawancara, instrumen tes dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil analisis data produk akhir yang diperoleh adalah sebanyak 11 butir soal uraian instrumen tes berpikir kreatif yang valid dan memiliki nilai realiabilitas sebesar 0,7863 dengan kategori tinggi. Hasil nilai rata-rata yang diperoleh dari uji respon siswa adalah sebesar 229,1 dengan hasil persentase sebesar 82,96% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa instrumen tes berpikir kreatif pada materi rangkaian arus searah yang dikembangkan sudah layak digunakan menurut ahli materi dan guru mata pelajaran fisika di sekolah, hasil validitas, realibilitas serta uji respon siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-FIS-092 / 371.33 Sil p
Keywords: Pengembangan Instrumen Tes; Berpikir Kreatif; Rangkaian Arus Searah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics > QC501 Electricity
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 19 Jan 2023 01:33
Last Modified: 19 Jan 2023 07:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/50200

Actions (login required)

View Item
View Item