Sitanggang, Ronny (2022) Pengembangan Desain Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar Kecamatan Palipi Kabupaten Samosir. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8214081004 COVERok.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
2. NIM. 8214081004 APPROVAL SHEETok.pdf - Published Version
Download (678kB) | Preview
3. NIM. 8214081004 ABSTRACT ok.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
4. NIM. 8214081004 PREFACE okk.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
5. NIM. 8214081004 TABLE OF CONTENT ok.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
6. NIM. 8214081004 LIST OF TABLES ok.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
7. NIM. 8214081004 LIST OF STRUCTURE ok.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 8214081004 CHAPTER I ok.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
12. NIM. 8214081004 CHAPTER V ok.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
13. NIM. 8214081004 BIBLIOGRAPHY ok.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kelayakan dan keefektifan pengembangan desain pembelajaran berdiferensiasi berbasis lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan teori diferensiasi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Kecamatan Palipi Kabupaten Samosir. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Kecamatan Palipi Kabupaten Samosir tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 30 siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan 4-D Thiagarajan. Hasil penelitian menunjukkan (1) dari hasil validitas ahli bahasa 86.53%, dan ahli desain intruksional 83.33 %. Dari hasil validasi desain pembelajaran yang dikembangkan maka ini termasuk dalam kriteria sangat baik dan dinyatakan valid serta layak untuk digunakan; (2) desain pembelajaran berdiferensiasi berbasis lingkungan dikategorikan praktis karena modul hasil tanggapan respon siswa dari uji coba I dan uji coba II mengalami peningkatan; (3) Berdasarkan hasil penelitian Desain Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Lingkungan dikatakan efektif digunakan dalam pembelajaran dengan asumsi nilai hasil belajar siswa materi hak dan kewajiban siswa lebih tinggi saat menggunakan pengembangan desain pembelajaran berdiferensiasi berbasis lingkungan; dan (4) terdapat pening katan yang signifikan terhadap desain pembelajaran hal ini dilihat dari peningkatan hasil eksperimen desain pembelajaran dengan nilai rata-rata pada uji coba kecil 70 dan meingkat pada uji coba klasikal sebersar 84. Maka berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa produk pengembangan desain pembelajaran berdiferensiasi berbasis lingkungn praktis dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.36 Sit p |
Keywords: | desain pembelajaran; lingkungn; hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Dec 2022 09:36 |
Last Modified: | 22 Dec 2022 09:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49605 |