PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS VIII MTsS MADANI PERDAGANGAN

Arfada, Dias Friska (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS VIII MTsS MADANI PERDAGANGAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4182111024 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4182111024 COVER.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4182111024 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4182111024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (464kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4182111024 ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4182111024 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4182111024 ACKNOWLEDGEMENT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4182111024 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4182111024 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4182111024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4182111024 LIST OF FIGURE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4182111024 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4182111024 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4182111024 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4182111024 LIST OF APPENDIX.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4182111024 LIST OF APPENDIX.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4182111024  CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4182111024 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (614kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4182111024  CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4182111024 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4182111024  BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4182111024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah agar peserta didik memiliki kemampuan memahami konsep matematika. Kesulitan dalam memahami konsep ini dapat menyebabkan terjadinya miskonsepsi pada peserta didik sehingga dapat mengakibatkan kesalahan yang sama dan terus berulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas dari LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang di terapkan di MTsS Madani Perdagangan. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi) Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi, angket respon dan observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan sangat valid dengan rata-rata nilai pada aspek komponen LKPD sebesar 100%, aspek materi sebesar 91,6%, aspek sintaks inkuiri terbimbing sebesar 88,8%, aspek didaktif sebesar 100%, aspek syarat konstruksi sebesar 94,4%, dan aspek syarat teknis sebesar 94%. Sehingga rata-rata keseluruhan hasil validasi yaitu sebesar 90,6 % dengan kategori sangat valid dan telah memenuhi kriteria praktikalitas dengan nilai kepraktisan 86,6% dengan rata-rata persentase hasil angket respon peserta didik 84,8%, rata-rata persentase hasil angket respon guru 86% serta Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan kualifikasi rata-rata keseluruhan kegiatan pembelajaran mencapai. Dari segi miskonsepsi, setelah dianalisis penguasaan konsep peserta didik menunjukkan bahwa tidak terlhat adanya miskonsepsi pada peserta didik. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis Inkuiri terbimbing dapat diterapkan untuk mengatasi miskonsepsi peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-MAT-184 / 371.33 Arf p
Keywords: LKPD; Inkuiri Terbimbing; Miskonsepsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 23 Nov 2022 08:14
Last Modified: 23 Nov 2022 08:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/49219

Actions (login required)

View Item
View Item