ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATA KULIAH ANATOMI TUMBUHAN SECARA ONLINE PADA MAHASISWA DI JURUSAN BIOLOGI UNIMED PADA MASA PANDEMI COVID 19 T.A 2020-2021

Pardosi, Sahrani (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATA KULIAH ANATOMI TUMBUHAN SECARA ONLINE PADA MAHASISWA DI JURUSAN BIOLOGI UNIMED PADA MASA PANDEMI COVID 19 T.A 2020-2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4171141043 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4171141043 COVER.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4171141043 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4171141043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4171141043 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4171141043 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4171141043 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4171141043 PREFACE.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4171141043 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4171141043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4171141043 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4171141043 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 4171141043 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 4171141043 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4171141043 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4171141043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar pada mata kuliah anatomi tumbuhan secara online pada mahasiswa jurusan biologi unimed pada masa pandemi covid 19, ditinjau dari tingkat kesulitan belajar menggunakan pernyataan berupa angket mengenai materi dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar berupa angket faktor eksternal dan faktor internal. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan sample 74 mahasiswa jurusan biologi angkatan 2019 yang terdistribusi dalam 3 kelas. Instrumen penelitian adalah angket tingkat kesulitan belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar yang dianalisis dengan teknik persentase.
Tingkat kesulitan belajar yang paling rendah adalah parenkim dengan hasil 68,91% dan yang paling tinggi adalah jaringan penguat dengan hasil 95,10%. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar yang paling rendah di faktor eksternal adalah relasi peserta didik dengan dosen dengan hasil 48,53% dan yang paling tinggi adalah media pembelajaran dengan hasil 96,45%. Sedangkan faktor internal yang paling rendah adalah intelegensi dengan hasil 69,25% dan yang paling tinggi adalah minat dengan hasil 97,43%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 BIO 112
Keywords: Kesulitan belajar; Anatomi tumbuhan; Perkuliahan online
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QK Botany > QK640 Plant anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 12 Sep 2022 03:03
Last Modified: 12 Sep 2022 03:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47753

Actions (login required)

View Item
View Item