PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH, REFRESENTASI MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN AUTOGRAPH DENGAN TANPA AUTOGRAPH

Akmal, Baiti (2015) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH, REFRESENTASI MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN AUTOGRAPH DENGAN TANPA AUTOGRAPH. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8116171002 Cover.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8116171002 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (965kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8116171002 Abstrak.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8116171002 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8116171002 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8116171002 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8116171002 Daftar Diagram.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8116171002 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8116171002 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8116171002 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8116171002 Bab V.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. 8116171002 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang mendapat pembelajaran melalui model pembelajaran berbasis masalah berbantuan autograph dengan siswa yang mendapat pembelajaran melalui model pembelajaran berbasis masalah tanpa autograph. (2) Perbedaan kemampuan representasi antara siswa yang mendapat pembelajaran melalui model pembelajaran berbasis masalah berbantuan autograph dengan siswa yang mendapat pembelajaran melalui model pembelajaran berbasis masalah tanpa autograph. (3) Perbedaan motivasi belajar antara siswa yang mendapat pembelajaran melalui model pembelajaran berbasis masalah berbantuan autograph dengan siswa yang mendapat pembelajaran melalui model pembelajaran berbasis masalah tanpa autograph (4) Kadar aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah berlangsung. (5) Proses penyelesaian masalah yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah pada masing-masing pembelajaran.Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Medan dan mengambil 2 sampel kelas XI SMA Negeri 1 Medan secara acak dari 13 kelas. Kelas eksperimen 1 diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah tanpa autograph dan kelas eksperimen 2 diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan autograph. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan pemecahan masalah matematika, (2) tes kemampuan representasi matematika dan (3) Angket motivasi (4) lembar observasi. Analisis data digunakan uji-t pada = 0,05 setelah prasyarat pengujian terpenuhi dengan menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah berbantuan autograph dengan siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah tanpa autograph (2) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematika antara siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah berbantuan autograph dengan siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah tanpa autograph. (3) Terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah berbantuan autograph dengan siswa yang mendapat pembelajaran berbasis masalah tanpa autograph. (4) Aktivitas siswa yang pembelajaranya dengan mengunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan autograph lebih baik/lebih aktif dibandingkan dengan model pembelajaran berbasis masalah tanpa autograpah (5) Proses penyelesaian jawaban siswa yang pembelajaranya dengan mengunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan autograph lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran berbasis masalah tanpa autograph.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorKanarsih, Ida195009141979032002
Thesis advisorAsmin, 195708041985031002
Call Number: 510.071 2 Akm p
Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Pemecahan Masalah; Representasi Matematika dan Motivasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4563

Actions (login required)

View Item View Item