HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK, PERSEPSI GURU TERHADAP GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, DAN IKLIM SEKOLAH DENGAN KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN ACEH TIMUR

Harahap, Iskandar (2014) HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGIK, PERSEPSI GURU TERHADAP GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, DAN IKLIM SEKOLAH DENGAN KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN ACEH TIMUR. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 08116132008 Cover.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 08116132008 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 08116132008 Abstrak.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 08116132008 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 08116132008 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 08116132008 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 08116132008 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 08116132008 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 08116132008 Bab I.pdf - Published Version

Download (553kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 08116132008 Bab V.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 08116132008 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan kompetensi pedagogik dengan keefektifan pembelajaran; (2) hubungan persepsi guru terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan keefektifan pembelajaran; (3) hubungan iklim sekolah dengan keefektifan pembelajaran; dan (4) hubungan kompetensi pedagogik, persepsi guru terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah, dan iklim sekolah dengan keefektifan pembelajaran. Subjek penelitian adalah guru SMA Negeri di Kabupaten Aceh Timur dengan jumlah sampel sebanyak 169 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan proportionate stratified random sampling. Metode penelitian bersifat deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang suatu gejala pada penelitian. Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Instrumen angket keefektifan pembelajaran yang valid diperoleh 26 butir dari 30 butir angket yang diujicobakan, dan mempunyai reliabilitas sebesar 0,879. Instrumen angket kompetensi pedagogik yang valid diperoleh 27 butir dari 30 butir angket yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,886. Instrumen angket persepsi guru terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah yang valid diperoleh 28 butir dari 30 butir angket yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,890. Instrumen angket iklim sekolah yang valid diperoleh 27 butir dari 30 butir angket yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,902. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: (1) terdapat hubungan yang berarti antara kompetensi pedagogik dengan keefektifan pembelajaran sebesar ry1.23 = 0,567 > r tabel = 0,266 dan t hitung = 9,515 > t tabel = 1,67; (2) terdapat hubungan yang berarti antara persepsi guru terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan keefektifan pembelajaran sebesar ry2.13 = 0,309 > r tabel = 0,266 dan t hitung = 3,261 > t tabel = 1,67; (3) terdapat hubungan yang berarti antara iklim sekolah dengan keefektifan pembelajaran sebesar ry3.12 = 0,432 > r tabel = 0,266 dan t hitung = 5,530 > ttabel = 1,67; dan (4) terdapat hubungan yang berarti antara kompetensi pedagogik, persepsi guru terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah, dan iklim sekolah dengan keefektifan pembelajaran sebesar Ry(123) = 0,602 > r tabel = 0,266 dan F hitung = 10,034 > Ftabel = 2,65.Hasil penelitian diperoleh kompetensi pedagogik, persepsi guru terhadap gaya kepemimpinan kepala sekolah, dan iklim sekolah secara bersama-sama memberikan sumbangan sebesar 36,2% terhadap keefektifan pembelajaran, dan sisanya ditentukan keadaan lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSagala, Syaiful195805091986111001
Thesis advisorMatondang, Zulkifli196807131993031003
Call Number: 371.12 Har h
Keywords: Kompetensi pedagogik; Gaya kepemimpinan; Kepala sekolah; Iklim sekolah; Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4527

Actions (login required)

View Item View Item