Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Methodist 9 Medan T.A. 2020/2021

Hutabarat, Royndah (2021) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Methodist 9 Medan T.A. 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM.1173111084_COVER.pdf - Published Version

Download (49kB)
[img] Text
2. NIM. 1173111084_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (632kB)
[img] Text
3. NIM. 1173111084_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (269kB)
[img] Text
4. NIM. 1173111084_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
5. NIM. 1173111084_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
6. NIM. 1173111084_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (94kB)
[img] Text
7. NIM. 1173111084_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (97kB)
[img] Text
8. NIM. 1173111084_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (96kB)
[img] Text
9. NIM. 1173111084_BAB I.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text
13. NIM. 1173111084_BAB V.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
14. NIM. 1173111084_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan media pembelajaran berbasis website, untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa khususnya pada materi pengumpulan dan penyajian data (Subpelajaran 2 penyajian data), dan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis website terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Methodist 9 Medan T.A. 2020/2021. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen desain pra eksperimen one group pretest and posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Methodist 9 Medan yang berjumlah 37 siswa, dengan menggunakan teknik Total Sampling. Teknik analisis data dilakukan dibantu dengan menggunakan excel yakni menggunakan tabel distribusi frekuensi untuk memperoleh nilai rata-rata dan analisis statistik menggunakan uji L liliefors, uji F, dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diketahui bahwa sebelum diberikan perlakuan hasil rata-rata pretest (49,62) sedangkan posttest (78,70) pada taraf signifikan (α = 0,05) maka diperoleh hasil normalitas pretest itu L0 < Ltabel (0,082 < 0,1457) sehingga dapat disimpulkan data tersebut Berdistribusi Normal. Demikian juga dengan hasil yang diperoleh dalam posttest yaitu L0 < Ltabel (0,084 < 0,1457) sehingga dapat disimpulkan data tersebut Berdistribusi Normal. Hasil homogenitas yang diperoleh adalah Fhitung < Ftabel = 2,33 < 4,13 maka varian bersifat homogen. Penggunaan media pembelajaran berbasis website dikelas V SD Methodist 9 Medan dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 78,70. Dilakukan uji t pada taraf (α = 0,05) t_hitung (5,492)> t_tabel (2,03), sehingga Ha diterima yaitu “adanya pengaruh yang positif dari pembelajaran berbasis website terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Swasta Methodist 9 Medan T.A. 2020/2021”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorSilalahi, WeslyNIDN0028105712
Call Number: 2021-PGSD-230
Keywords: Hakikat Belajar; Hasil Belajar; Pembelajaran Matematika; Media Pembelajaran Berbasis Website (Google Sites)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 08:20
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45073

Actions (login required)

View Item View Item