Hutabarat, Royndah (2021) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Methodist 9 Medan T.A. 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.1173111084_COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 1173111084_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (632kB) | Preview
3. NIM. 1173111084_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
4. NIM. 1173111084_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
5. NIM. 1173111084_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
6. NIM. 1173111084_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
7. NIM. 1173111084_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
8. NIM. 1173111084_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
9. NIM. 1173111084_BAB I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
10. NIM. 1173111084_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
11. NIM. 1173111084_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
12. NIM. 1173111084_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
13. NIM. 1173111084_BAB V.pdf
Download (2MB)
14. NIM. 1173111084_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (2MB)
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan media pembelajaran berbasis website, untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa khususnya pada materi pengumpulan dan penyajian data (Subpelajaran 2 penyajian data), dan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis website terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Methodist 9 Medan T.A. 2020/2021. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen desain pra eksperimen one group pretest and posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Methodist 9 Medan yang berjumlah 37 siswa, dengan menggunakan teknik Total Sampling. Teknik analisis data dilakukan dibantu dengan menggunakan excel yakni menggunakan tabel distribusi frekuensi untuk memperoleh nilai rata-rata dan analisis statistik menggunakan uji L liliefors, uji F, dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diketahui bahwa sebelum diberikan perlakuan hasil rata-rata pretest (49,62) sedangkan posttest (78,70) pada taraf signifikan (α = 0,05) maka diperoleh hasil normalitas pretest itu L0 < Ltabel (0,082 < 0,1457) sehingga dapat disimpulkan data tersebut Berdistribusi Normal. Demikian juga dengan hasil yang diperoleh dalam posttest yaitu L0 < Ltabel (0,084 < 0,1457) sehingga dapat disimpulkan data tersebut Berdistribusi Normal. Hasil homogenitas yang diperoleh adalah Fhitung < Ftabel = 2,33 < 4,13 maka varian bersifat homogen. Penggunaan media pembelajaran berbasis website dikelas V SD Methodist 9 Medan dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 78,70. Dilakukan uji t pada taraf (α = 0,05) t_hitung (5,492)> t_tabel (2,03), sehingga Ha diterima yaitu “adanya pengaruh yang positif dari pembelajaran berbasis website terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Swasta Methodist 9 Medan T.A. 2020/2021”.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Additional Information: | 2021-PGSD-230 |
| Keywords: | Hakikat Belajar; Hasil Belajar; Pembelajaran Matematika; Media Pembelajaran Berbasis Website (Google Sites) |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
| Date Deposited: | 26 Jan 2022 08:20 |
| Last Modified: | 10 Nov 2025 03:36 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45073 |
