Hutabarat, Royndah (2021) Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Methodist 9 Medan T.A. 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.1173111084_COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 1173111084_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (632kB) | Preview
3. NIM. 1173111084_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
4. NIM. 1173111084_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
5. NIM. 1173111084_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
6. NIM. 1173111084_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
7. NIM. 1173111084_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
8. NIM. 1173111084_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
9. NIM. 1173111084_BAB I.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
13. NIM. 1173111084_BAB V.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
14. NIM. 1173111084_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan media pembelajaran berbasis website, untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa khususnya pada materi pengumpulan dan penyajian data (Subpelajaran 2 penyajian data), dan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran berbasis website terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Methodist 9 Medan T.A. 2020/2021. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen desain pra eksperimen one group pretest and posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Methodist 9 Medan yang berjumlah 37 siswa, dengan menggunakan teknik Total Sampling. Teknik analisis data dilakukan dibantu dengan menggunakan excel yakni menggunakan tabel distribusi frekuensi untuk memperoleh nilai rata-rata dan analisis statistik menggunakan uji L liliefors, uji F, dan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diketahui bahwa sebelum diberikan perlakuan hasil rata-rata pretest (49,62) sedangkan posttest (78,70) pada taraf signifikan (α = 0,05) maka diperoleh hasil normalitas pretest itu L0 < Ltabel (0,082 < 0,1457) sehingga dapat disimpulkan data tersebut Berdistribusi Normal. Demikian juga dengan hasil yang diperoleh dalam posttest yaitu L0 < Ltabel (0,084 < 0,1457) sehingga dapat disimpulkan data tersebut Berdistribusi Normal. Hasil homogenitas yang diperoleh adalah Fhitung < Ftabel = 2,33 < 4,13 maka varian bersifat homogen. Penggunaan media pembelajaran berbasis website dikelas V SD Methodist 9 Medan dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 78,70. Dilakukan uji t pada taraf (α = 0,05) t_hitung (5,492)> t_tabel (2,03), sehingga Ha diterima yaitu “adanya pengaruh yang positif dari pembelajaran berbasis website terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Swasta Methodist 9 Medan T.A. 2020/2021”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2021-PGSD-230 |
Keywords: | Hakikat Belajar; Hasil Belajar; Pembelajaran Matematika; Media Pembelajaran Berbasis Website (Google Sites) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 08:20 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 08:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45073 |