SIREGAR, ARTA (2020) PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK KONTROL DIRI TERHADAP PENYALAHGUNAAN GADGET PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 8 MEDAN T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1163151004 COVER.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
2. NIM. 1163151004 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (621kB) | Preview
3. NIM. 1163151004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4. NIM. 1163151004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
5. NIM. 1163151004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 1163151004 TABLES.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
7. NIM. 1163151004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
8. NIM.1163151004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
9. NIM. 1163151004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
13. NIM. 1163151004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
14. NIM. 1163151004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh konseling kelompok teknik kontrol diri terhadap penyalahgunaan gadget pada siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan, Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini megunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi experiment. Instrumen yang digunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa kelas X-Perhotelan yang memiliki skor penyalahgunaan gadget tinggi. Instrumen yang digunakan adalah skala perilaku penyalahgunaan gadget. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan konseling kelompok. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat adakah pengaruh signifikan pemberian konseling kelompok pendekatan behavioral teknik Kontrol diri terhadap penyalahgunaan gadget Siswa. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 7 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 5,5. Hal ini dapat diperoleh dari uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung= 6 sedangkan Jtabel = 0. Dari table nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n=6, α= 0,05 sesuai dengan criteria dengan penerimaan dan penolakan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung>Jtabel yaitu Jhitung>Jtabel di mana 6>0, dari perhitungan ini dapat dilihat perlakuan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis yang berbunyi ada pengaruh signifikan pemberian konseling kelompok pendekatan behavioral teknik kontrol diri terhadap penyalahgunaan gadget siswa kelas X-Perhotelan SMK Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2019/2020 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Konseling Kelompok Teknik Kontrol Diri, Penyalahgunaan Gadget |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF608 Will. Volition. Choice. Control |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 02:11 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 02:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44589 |