Pengembangan Model Manajemen Sekolah Berbasis Budaya Batak (MSB3)

Sihombing, Dionisius (2021) Pengembangan Model Manajemen Sekolah Berbasis Budaya Batak (MSB3). Doctoral thesis, UNIMED.

[img] Text
NIM. 8166113002 COVER.pdf - Published Version

Download (158kB)
[img] Text
NIM. 8166113002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
DALIL PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (65kB)
[img] Text
NIM. 8166113002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (569kB)
[img] Text
NIM. 8166113002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (586kB)
[img] Text
NIM. 8166113002 DAFTAR TABEL DAN GAMBAR.pdf - Published Version

Download (249kB)
[img] Text
NIM. 8166113002 BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
NIM. 8166113002 BAB V.pdf - Published Version

Download (679kB)
[img] Text
NIM. 8166113002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (456kB)

Abstract

Penelitian bcrtujuan untuk mengetahui apakah model tvlanajemen Sekolah Berbasis Budaya Batak (MSB3) yang dihasilkan memenuhi kriteria keefektifan. kepraktisan dan keterlaksanaan sebagai sebuah model manajemen yang relevan dan layak digunakan dalam rangka upaya mengatasi persoalan manaJemen seko1ah yang timbul. Model MSB3 merupakan sebuah model pengembangan dari model Manajemen Berbasi~ Sekoiah (MBS). ModeJ MSB3 diuji secara kualitatif dan kuantitatif mengacu kepada sepuluh (I 0) langkah-langkah penelitian dan pengcmbangan Borg and Gal l level 3, yaitu mengembangkan model yang sebelumnya sudah ada dan dipraktekkan di sekolah. Teknik pengumpulan data, menggunakan instrumen buk-u model tvt 8 3. buku perang.kat manajemen, buku petunjuk manajemen, lembar kegiatan manajcmen. test pcncrapan manajemen awal dan akllir. lnstntmen angket menggunakan ~ kala Iike rt <ian hasilnya clianalisis secara statistika. Hasil pcngujian model MSB3 pada tiga tahap, yaitu: tahap awaJ ([), tahap utarna (1T) dan ta.h:-tp operasional (lll) menunjukkan bahwa nilai rata-rata tnlended p erceived (IP}Iintended operational (10) atau IP/10 dari ahli seb~sar 4,5-) ue:1gan kategori tinggi~ dari pengamat pada uji tahap awal sebesar 4 .0 dengan "-at~gori tinggi ~ dari pengamat pada uji tahap utama 4,41 dcngan kategori tingg1, d~ dari pengan1at pad a uji tahap opcrasional sebesar 4,57, dengan kategori tingg i. Hasil JP/10 te rsebul memberikan makna bahwa model tv1SB3 rnemenuhi k.riteria keefektifan, kcprakti san dan keterlaksanaan. Dengan demikian model ~1SB2 • bemilai positiC relevan dan dapat dioperasionalkan disekolab, "cbagdt ~ebuah pendekatan baru dalam wngka mengatasi persoalan manajemen ) ang titubul di sekolah

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorGultom, Syawalnidn
Thesis advisorSitumorang, Benyaminnidn
Call Number: 371.2 Sih p
Keywords: model manajemen sekolah; kebudayaan dan budaya batak; nilai- nilai; prinsip- prinsip; norma dan peraturan; organ masyarakat sekolah; tugas dan fungsi; komunikasi dan kerjasama
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 11 Jan 2022 04:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44424

Actions (login required)

View Item View Item