Pengembangan Instrumen Penilaian Materi Aktivitas Senam Ritmik Pada Mata Pelajaran PJOK SMA Kelas XI

Sya'ban, Rizky Arief (2020) Pengembangan Instrumen Penilaian Materi Aktivitas Senam Ritmik Pada Mata Pelajaran PJOK SMA Kelas XI. Masters thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 8156118050 COVER.pdf - Published Version

Download (99kB)
[img] Text
2. NIM. 8156118050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (285kB)
[img] Text
3. NIM. 8156118050 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (279kB)
[img] Text
4. NIM. 8156118050 PREFACE.pdf - Published Version

Download (269kB)
[img] Text
5. NIM. 8156118050 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (165kB)
[img] Text
6. NIM. 8156118050 TABELS.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text
7. NIM. 8156118050 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (177kB)
[img] Text
8. NIM. 8156118050 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text
9. NIM. 8156118050 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (566kB)
[img] Text
13. NIM. 8156118050 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (137kB)
[img] Text
14. NIM. 8156118050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (240kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di di SMA Swasta Eria Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian di SMA Eria Medan telah dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan April 2020. Tahapan penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) dengan tujuan utama penelitian ini adalah pengembangan instrumen penelitian pada materi aktivitas senam ritmik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development), dengan sampel ahli pembelajaran/guru PJOK uji coba oleh satu guru dan siswa. Hasil yang diperoleh diketahui bahwa pengembangan instrumen penilaian berbasis proyek pada materi aktivitas gerak senam ritmik peserta didik di SMA Swasta Eria berhasil dilaksanakan, pada tahapan ini dilakukan oleh tim penilaia yaitu validasi ahli, kepraktisan penggunaanpengembangan instrumen penilaian dinyatakan praktis pada kategori sangat baik dan baik dan peserta didik juga memberikan tanggapan berdasarkan angket, memperoleh nilai rata-rata 87,64% dengan kategori sangat praktis dan efektivitas instrumen penilaian berbasis proyek pada materi aktivitas gerak senam ritmik peserta didik SMA, hasil yang diperoleh dinyatakan efektif dengan hasil yang diperoleh (a) menyatakan bahwa rata-rata hasil lebih besar dari 80%; (b) Respon yang positif terhadap komponen buku penilaian sesuai dengan ketentuan bahwa minimal 80% dari subjek yang diteliit memberikan tanggapan dan kegiatan pembelajaran; dan (c) ketuntasan peserta didik mencapai 28 peserta didik (93,33%) artinya peserta didik mampu menuntaskan pembelajaran. Dengan demikian, pengembangan instrumen penilaian materi senam ritmik layak digunakan pada proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorBangun, Sabaruddin Yunisnidn0009068201
Thesis advisorSimatupang, Nurhayatinidn0020026604
Call Number: 796.440 72 Sya p
Keywords: Instrumen Penilaian; Berbasis Proyek; Aktivitas Senam Ritmik
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training > GV460 Gymnastics. Gymnastic exercises
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 10 Jan 2022 05:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44366

Actions (login required)

View Item View Item