Metaanalisis Pengaruh Model Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self-Efficacy Siswa.2021

Sinurat, Swandi Wiranata (2021) Metaanalisis Pengaruh Model Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self-Efficacy Siswa.2021. Masters thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM 8196171017 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB)
[img] Text
2. NIM 8196171017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (325kB)
[img] Text
3. NIM 8196171017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (190kB)
[img] Text
4. NIM 8196171017 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version

Download (178kB)
[img] Text
5. NIM 8196171017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (112kB)
[img] Text
6. NIM 8196171017 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (106kB)
[img] Text
7. NIM 8196171017 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (57kB)
[img] Text
8. NIM 8196171017 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (57kB)
[img] Text
9. NIM 8196171017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
13. NIM 8196171017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] Text
14. NIM 8196171017 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (427kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Menganalisis besar pengaruh (effect size) model Problem-based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; (2) Menganalisis besar pengaruh (effect size) model Problem-based Learning terhadap self-efficacy siswa; (3) Untuk mengetahui metaanalisis pengaruh model Problem-based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa. Peneliti memetaanalisis jurnal-jurnal tentang pengaruh model problem-based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dari 14 studi yang memenuhi kriteria untuk dilakukan metaanalisis model pembelajaran problem-based learning dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP yang memiliki effect size tertinggi adalah dengan nilai 0,92; (2) Dari 9 studi yang memenuhi kriteria untuk dilakukan metaanalisis model pembelajaran problem-based learning dalam meningkatkan self-efficacy siswa SMP yang memiliki effect size tertinggi dengan nilai 0,88; (3) Hasil metaanalisis model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis termasuk pada kategori besar dengan rRE= 0.511 dan hasil metaanalisis model pembeajaran terhadap self-efficacy siswa termasuk pada kategori sedang dengan rRE= 0.382.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorNapitupulu, E. Elvisnidn0025126308
Thesis advisorMulyono, nidn0031127112
Call Number: 510.72 Sin m
Keywords: metaanalisis; problem-based learning; pemecahan masalah matematis; self-efficacy
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 30 Dec 2021 10:20
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44170

Actions (login required)

View Item View Item