Sinurat, Swandi Wiranata (2021) Metaanalisis Pengaruh Model Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self-Efficacy Siswa.2021. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8196171017 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM 8196171017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
3. NIM 8196171017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
4. NIM 8196171017 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
5. NIM 8196171017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
6. NIM 8196171017 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
7. NIM 8196171017 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
8. NIM 8196171017 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
9. NIM 8196171017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 8196171017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
14. NIM 8196171017 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Menganalisis besar pengaruh (effect size) model Problem-based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; (2) Menganalisis besar pengaruh (effect size) model Problem-based Learning terhadap self-efficacy siswa; (3) Untuk mengetahui metaanalisis pengaruh model Problem-based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa. Peneliti memetaanalisis jurnal-jurnal tentang pengaruh model problem-based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Dari 14 studi yang memenuhi kriteria untuk dilakukan metaanalisis model pembelajaran problem-based learning dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP yang memiliki effect size tertinggi adalah dengan nilai 0,92; (2) Dari 9 studi yang memenuhi kriteria untuk dilakukan metaanalisis model pembelajaran problem-based learning dalam meningkatkan self-efficacy siswa SMP yang memiliki effect size tertinggi dengan nilai 0,88; (3) Hasil metaanalisis model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis termasuk pada kategori besar dengan rRE= 0.511 dan hasil metaanalisis model pembeajaran terhadap self-efficacy siswa termasuk pada kategori sedang dengan rRE= 0.382.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Sin m |
Keywords: | metaanalisis; problem-based learning; pemecahan masalah matematis; self-efficacy |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 30 Dec 2021 10:20 |
Last Modified: | 30 Dec 2021 10:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44170 |