Pengaruh Konseling Kreatif Teknik Guided Imagery terhadap Academic Anxiety Mahasiswa terhadap Skripsi di Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Universitas Negeri Medan

Talambanua, Sartika (2020) Pengaruh Konseling Kreatif Teknik Guided Imagery terhadap Academic Anxiety Mahasiswa terhadap Skripsi di Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Universitas Negeri Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1152151018_COVER.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1152151018_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (743kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1152151018_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1152151018_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (815kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1152151018_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1152151018_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1152151018_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1152151018_BAB I.pdf - Published Version

Download (931kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 1152151018_BAB V.pdf - Published Version

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1152151018_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan konselig kreatif teknik guided imagery terhadap academic anxiety mahasiswa di Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Universitas Negeri Medan.. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober s/d November 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan quasi experimental design dengan jenis Pre test-post test one group design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir angkatan 2016 yang sedang menyelesaikan skripsi di Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Universitas Negeri Medan. Sampel ditarik dengan menggunakan metode purposive sampling dimana sampling diambil sesuai tujuan penelitian. Berdasarkan uji validitas terdapat 19 item dari keseluruhan item 25 item yang merupakan angket yang valid dan terdpat 6 angket yang tidak dijadikan sebagai item di instrumen dikarenakan tidak valid berdasarkan uji validitas. Terdapat 19 data positif (N) yang artinya ke 19 mahasiswa mengalami penurunan tingkat kecemasan akademik setelah dilakukan test dibuktikan dengan peningkatan nilai setelah dilakukan test kepada responden. Angket dinyatakan reliabel dengan Alpha menunjukkan angka 0,720 > 0,279 yaitu alpha lebih besar dari r tabel. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket academic anxiety berjumlah 19 item pernyataan yang telah valid dan reliabel kemudian data dianalisis menggunakan uji wilcoxon. Berdasarkan output “test statistics” diketahui Asymp.Sig bernilai 0,000 lebih kecil dari <0,05, maka dapat disimpulkan bahwa :Hipotesis Diterima”. Artinya ada perbedaan antara academic anxiety untuk Pre Test dan Post Test, sehingga dapat disimpulkan pula bahwa ada pengaruh konseling kreatif teknik guided imagery terhadap academic anxiety mahasiswa terhadap skripsi. Berdasarkan uji wilcoxon membuktikan bahwa tidak terdapat nilai yang sama dari masing-masing responden dan terdapat penurunan nilai academic anxiety mahasiswa setelah dilakukan test seperti yang telah dijelaskan di poin sebelumnya. Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa penelitian ini secara keseluruhan menunjukkan bahwa konseling kreatif teknik guided imagery mampu meminimalisir dan menurunkan academic anxiety mahasiswa terhadap skripsi di Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Universitas Negeri Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorLubis, ZuraidaNIDN0016026310
Call Number: 2020-BK-018
Keywords: Konseling Kreatif; Guided Imagery; Academic Anxiety; Mahasiswa; Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 01 Jul 2021 08:38
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42887

Actions (login required)

View Item View Item