Talambanua, Sartika (2020) Pengaruh Konseling Kreatif Teknik Guided Imagery terhadap Academic Anxiety Mahasiswa terhadap Skripsi di Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Universitas Negeri Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1152151018_COVER.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
2. NIM. 1152151018_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (743kB) | Preview
3. NIM. 1152151018_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
4. NIM. 1152151018_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (815kB) | Preview
5. NIM. 1152151018_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (416kB) | Preview
6. NIM. 1152151018_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
7. NIM. 1152151018_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
8. NIM. 1152151018_BAB I.pdf - Published Version
Download (931kB) | Preview
12. NIM. 1152151018_BAB V.pdf - Published Version
Download (470kB) | Preview
13. NIM. 1152151018_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan konselig kreatif teknik guided imagery terhadap academic anxiety mahasiswa di Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Universitas Negeri Medan.. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober s/d November 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan quasi experimental design dengan jenis Pre test-post test one group design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir angkatan 2016 yang sedang menyelesaikan skripsi di Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Universitas Negeri Medan. Sampel ditarik dengan menggunakan metode purposive sampling dimana sampling diambil sesuai tujuan penelitian. Berdasarkan uji validitas terdapat 19 item dari keseluruhan item 25 item yang merupakan angket yang valid dan terdpat 6 angket yang tidak dijadikan sebagai item di instrumen dikarenakan tidak valid berdasarkan uji validitas. Terdapat 19 data positif (N) yang artinya ke 19 mahasiswa mengalami penurunan tingkat kecemasan akademik setelah dilakukan test dibuktikan dengan peningkatan nilai setelah dilakukan test kepada responden. Angket dinyatakan reliabel dengan Alpha menunjukkan angka 0,720 > 0,279 yaitu alpha lebih besar dari r tabel. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket academic anxiety berjumlah 19 item pernyataan yang telah valid dan reliabel kemudian data dianalisis menggunakan uji wilcoxon. Berdasarkan output “test statistics” diketahui Asymp.Sig bernilai 0,000 lebih kecil dari <0,05, maka dapat disimpulkan bahwa :Hipotesis Diterima”. Artinya ada perbedaan antara academic anxiety untuk Pre Test dan Post Test, sehingga dapat disimpulkan pula bahwa ada pengaruh konseling kreatif teknik guided imagery terhadap academic anxiety mahasiswa terhadap skripsi. Berdasarkan uji wilcoxon membuktikan bahwa tidak terdapat nilai yang sama dari masing-masing responden dan terdapat penurunan nilai academic anxiety mahasiswa setelah dilakukan test seperti yang telah dijelaskan di poin sebelumnya. Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa penelitian ini secara keseluruhan menunjukkan bahwa konseling kreatif teknik guided imagery mampu meminimalisir dan menurunkan academic anxiety mahasiswa terhadap skripsi di Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Universitas Negeri Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2020-BK-018 |
Keywords: | Konseling Kreatif; Guided Imagery; Academic Anxiety; Mahasiswa; Skripsi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 01 Jul 2021 08:38 |
Last Modified: | 01 Jul 2021 08:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42887 |