Efektivitas Pemanfaatan Google Classroom Dalam Meningkatkan Minat Belajar PPKn

Situmeang, Meldawaty (2020) Efektivitas Pemanfaatan Google Classroom Dalam Meningkatkan Minat Belajar PPKn. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3163111022 COVER.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3163111022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3163111022 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3163111022 PREFACE.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3163111022 ABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3163111022 TABLES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3163111022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3163111022 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 3163111022 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3163111022 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 3163111022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran faktual mengenai efektivitas pemanfaatan google classroom dalam meningkatkan minat belajar PPKn. Lokasi penelitian yang akan dilakukan di Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester enam tahun akademik 2019/2020 sebanyak 100 orang dengan sampel 30 % sebanyak 30 orang mahasiswa dengan menggunakan teknik random sampling. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan memberikan pertanyaan berupa angket kepada mahasiswa, dokumentasi, dan pengamatan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat minat belajar mahasiswa PPKn dalam belajar dengan menggunakan google classroom dengan nilai rhitung adalah sebesar 0, 718 dan rtabel sebesar 0, 361 sesuai dengan ketentuan, apabila nilai rhitung > rtabel atau 0, 718 > 0, 361, sehingga koefisien korelasi variabel X dan variabel Y adalah signifikan. Serta dilakukan juga analisis/perhitungan dengan menggunakan uji “t” untuk melihat hubungan google classroom dengan minat belajar PPKn diperoleh thitung = 7, 847 dengan harga ttabel = 1,711 karena thitung > ttabel atau 7, 847 > 1,711 pada taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan (db) = n-2 (30-2) = 28. Dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSetiawan, Denynidn0008036812
Call Number: 2020-PKN-016
Keywords: google classroom; minat belajar mahasiswa PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 22 Jun 2021 04:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42592

Actions (login required)

View Item View Item