Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Metakognisi Berbantuan ICT Untuk Meningkatkan kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self Regulated Learning Siswa Di SMP Al Washliyah 1 Medan

Sandi, Ardila (2021) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Metakognisi Berbantuan ICT Untuk Meningkatkan kemampuan Pemecahan Masalah Dan Self Regulated Learning Siswa Di SMP Al Washliyah 1 Medan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8176172008 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8176172008 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8176172008 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8176172008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8176172008 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8176172008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8176172008 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8176172008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8176172008 TABEL OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8176172008 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8176172008 TABELS.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8176172008 TABELS.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8176172008 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8176172008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8176172008 CHPATER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8176172008 CHPATER I.pdf - Published Version

Download (932kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8176172008 CHPATER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8176172008 CHPATER V.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8176172008 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8176172008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan metakognisi berbantuan ICT untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa. Bahan ajar dirancang agar memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini dilakukan di SMP Al Washliyah 1 Medan, Indonesia. Temuan penelitian ini adalah: (1) Bahan ajar berbasis pendekatan metakognisi telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan mengatur diri siswa, (2) Meningkatkan pemecahan masalah dengan menggunakan bahan ajar berbasis pada pendekatan metakognisi yaitu ICT telah dikembangkan dan dibantu, terlihat dari nilai N-gain pada tes pertama 0,36 meningkat menjadi 0,50 pada tes kedua, (3) Meningkatnya kemandirian belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis Pendekatan metakognisi yang telah dikembangkan dan dibantu ICT berdasarkan rata-rata keseluruhan kuesioner self-regulated learning pada tes pertama 2,98, meningkat pada tes kedua menjadi 3,25.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 519.7 San p
Keywords: pendekatan metakognisi; kemampuan pemecahan masalah; self-regulated learning; bahan ajar pembelajaran matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 03 Jun 2021 00:31
Last Modified: 03 Jun 2021 00:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42380

Actions (login required)

View Item
View Item