Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Pembelajaran Kelas X SMA

Silaban, Elita Erawati (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Efficacy Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Pembelajaran Kelas X SMA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8186171010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8186171010 COVER.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 2.  NIM. 8186171010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8186171010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (505kB) | Preview
[thumbnail of 3.  NIM. 8186171010 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8186171010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8186171010 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8186171010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 5.  NIM. 8186171010 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8186171010 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 6.  NIM. 8186171010 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8186171010 TABLES.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 7.  NIM. 8186171010 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8186171010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 8.  NIM. 8186171010 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8186171010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13.  NIM. 8186171010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8186171010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of 12.  NIM. 8186171010 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8186171010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis validitas perangkat pembelajaran
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning yang dikembangkan untuk
meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dan self-efficacy siswa; 2)
menganalisis kepraktisan perangkat pembelajaran berdasarkan model Problem Based
Learning yang dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis
siswa dan self-efficacy siswa; 3) menganalisis keefektivan perangkat pembelajaran
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning yang dikembangkan untuk
meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dan self-efficacy siswa; 4)
mengetahui pentingnya bantuan media pembelajaran berupa Video Pembelajaran untuk
mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model engembangan Dick &
Carey dari Dick & Carey yang telah dimodifikasi dan dilaksanakan di kelas X SMA Negeri
18 Medan tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Validasi
perangkat pembelajaran dikembangkan dengan nilai rerata total keseluruhannya berada
pada nilai 4 ≤ Va < 5 sehingga para ahli menyatakan perangkat pembelajaran tersebut
dikategori “valid”; 2) perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning yang telah
dikembangkan sudah memenuhi kategori “praktis”; 3) Perangkat pembelajaran berorientasi
model pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif; 4)
Terdapat peningkatan yang signifikan antara rata-rata kemampuan komunikasi matematis
dengan rata-rata N-gain pada uji coba I sebesar 0,25 yang berada pada kategori rendah
meningkat pada uji coba II sebesar 0,37 yang berada pada kategori sedang dan Self-Efficacy
siswa yang diberi perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Sil p
Keywords: pengembangan perangkat pembelajaran; kemampuan komunikasi matematis; self efficacy; problem based learning; video pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 26 May 2021 22:32
Last Modified: 26 May 2021 22:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42295

Actions (login required)

View Item
View Item