Analisis Implementasi Kurikulum Berorientasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Pada Program Studi Pendidikan Matematika UNIMED

Aruan, Yuliani (2021) Analisis Implementasi Kurikulum Berorientasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Pada Program Studi Pendidikan Matematika UNIMED. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8166172067 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8166172067 COVER.pdf - Published Version

Download (14kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8166172067 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8166172067 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8166172067 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8166172067 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8166172067 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8166172067 PREFACE.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8166172067 TABEL OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8166172067 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8166172067 TABELS.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8166172067 TABELS.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8166172067 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8166172067 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8166172067 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8166172067 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8166172067 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8166172067 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan implementasi kurikulum berorientasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), 2) Mendeskripsikan tanggapan mahasiswa terhadap enam tugas yang diwajibkan dalam kurikulum berorientasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), 3) Mendeskripsikan kualitas kinerja dan prestasi mahasiswa dengan implementasi kurikulum berorientasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan ataupun menggambarkan implementasi kurikulum berorientasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) pada program studi pendidikan matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa pada semester satu, tiga, dan lima strata-1 (S1) pendidikan matematika UNIMED. Subjek yang dikenai wawancara mendalam terpilih enam orang dengan pengambilan sampel bertujuan atau purposive sampling. Data diperoleh dari sebaran angket, observasi dan wawancara. Objek dalam penelitian ini adalah implementasi kurikulum KKNI, tanggapan, kinerja, dan prestasi mahasiswa. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa : 1) Implementasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) belum sepenuhnya diterapkan karena pada mata kuliah program linier serta himpunan dan logika sudah mengimplementasikan kurikulum KKNI dengan melaksanakan keenam tugas KKNI, namun untuk mata kuliah kalkulus multivariant belum mengimplementasikan kurikulum KKNI secara keseluruhan. 2) Mahasiswa memiliki tanggapan yang positif terhadap penerapan kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), 3) Kualitas Kinerja mahasiswa baik dalam menyelesaikan enam tugas KKNI, namun berdampak pada prestasi belajar mahasiswa yang cukup rendah dalam penerapan KKNI.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Aru a
Keywords: Analisis; Kurikulum; Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 23 May 2021 22:45
Last Modified: 23 May 2021 22:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42243

Actions (login required)

View Item
View Item