Pengembangan Media Laboratorium Virtual IPA Terpadu SMP Kelas VIII Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa

Adawiyah, Rabiatul (2020) Pengembangan Media Laboratorium Virtual IPA Terpadu SMP Kelas VIII Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8156141024 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156141024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156141024 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156141024 PREFACE .pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156141024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156141024 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156141024 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156141024 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8156141024 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156141024 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8156141024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (537kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperoleh media laboratorium virtual IPA terpadu SMP kelas VIII yang layak digunakan sebagai upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa, menyelidiki korelasi kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang meliputi tahap (1) Analisis pendahuluan pelaksanaan pembelajaran IPA, tahap (2) Pengembangan media Laboratorium virtual IPA terpadu menggunakan macramedia flash, tahap (3) Validasi media laboratorium virtual IPA terpadu sesuai dengan standar kelayakan BSNP dan media elektronik, tahap (4) Evaluasi yaitu uji coba media laboratorium virtual IPA terpadu kepada siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam sebanyak 2 kelas yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kelayakan isi, bahasa dan penyajian media laboratorium virtual IPA terpadu yang dikembangkan telah sesuai dengan kelayakan BSNP rata�rata 4,77 kategori sangat valid dan tidak perlu direvisi. (2) peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media laboratorium virtual IPA terpadu lebih tinggi dari peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan video praktikum IPA (rata-rata N-gain 0,819 lebih besar dari 0,708). (3) kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan menggunakan media laboratorium virtual IPA terpadu lebih tinggi dari kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan menggunakan video praktikum IPA (rata-rata 78,58 lebih besar dari 69,82). (4) terdapat korelasi positif dan signifikan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,845 (kriteria korelasi sangat tinggi) dan koefisien determinasi sebesar 71,40%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimorangkir, Murniatynidn0004055909
Thesis advisorNurfajriani, nidn0002096703
Call Number: 540.72 Ada p
Keywords: Laboratorium virtual IPA terpadu; hasil belajar; kemampuan berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 18 May 2021 03:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/42149

Actions (login required)

View Item View Item