PENGARUH METODE MNEMONIC TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS XI SEMESTER II SMA PANCA BUDI MEDAN T.P 2018/2019

Gemala, Cut Entan (2019) PENGARUH METODE MNEMONIC TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS XI SEMESTER II SMA PANCA BUDI MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4123321009 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4123321009 COVER.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4123321009 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4123321009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (793kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4123321009 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4123321009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4123321009 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4123321009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (699kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4123321009 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4123321009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4123321009 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4123321009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4123321009 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4123321009 TABLES.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4123321009 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4123321009 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4123321009 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4123321009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 4123321009 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 4123321009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (633kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4123321009 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4123321009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Mnemonic terhadap hasil belajar siswa pada materi momentum dan impuls dan aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian adalah quasi
eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Semester II SMA Panca Budi Medan. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 dari 6 kelas secara acak yaitu kelas eksperimen dan kontrol masing-masing XI IPA 5 dan XI IPA 6. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan metode pembelajaran Mnemonic dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Untuk memperoleh data hasil belajar dalam penelitian, digunakan tes uraian berjumlah 10 item yang telah divalidkan. Untuk memperoleh data aktivitas siswa, digunakan lembar observasi dengan 2 orang sebagai pengamat. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 36,83 dan 36,48. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan metode pembelajaran Mnemonic dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Setelah dilakukan perlakuan,nilai rata-rata postes kelas eksperimen dan kontrol masing masing sebesar 80,96 dan 74,80. Hasil uji t diperoleh thitung = 3,1718 dan ttabel = 1.67 sehingga thitung> ttabel maka Ha diterima.
Rata-rata aktivitas belajar siswa selama pembelajaran berlangsung sebesar 59,41 tergolong aktif dan meningkat disetiap pertemuan. Hasil ini menggambarkan
bahwa ada perbedaan akibat pengaruh penggunaan metode pembelajaran Mnemonic terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI semester II pada materi momentum dan impuls di SMA Panca Budi Medan T.P. 2018/2019. Kesimpulan
yang di dapat adalah penggunaan metode pembelajaran Mnemonic hasil belajarnya lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran ceramah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: metode pembelajaran Mnemonic, quasi eksperimen, hasil belajar dan aktivitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 23 Mar 2021 04:00
Last Modified: 23 Mar 2021 04:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/41564

Actions (login required)

View Item
View Item