PENGARUH STRATEGI INKUIRI DAN PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PROSES PEMBELAJARAN KIMIA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER DI SMA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA

Bulan, Ratna Sari (2013) PENGARUH STRATEGI INKUIRI DAN PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PROSES PEMBELAJARAN KIMIA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER DI SMA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 809425016 Judul.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 809425016 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 809425016 Abstrak.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 809425016 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 809425016 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 809425016 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 809425016 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 809425016 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 809425016 Bab I.pdf - Published Version

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 809425016 Bab V.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 809425016 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi inkuri terbimbing dengan menggunakan media power point bervideo yang diintegrasikan pendidikan karakter terhadap hasil belajar kimia. Penelitian ini bersifat eksperimen, dimana sampel diambil secara purposive random sampling, dengan pertimbangan kesamaan wilayah dan kesamaan populasi. Sampel terdiri dari tiga kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kualuh Hulu Labuhanbatu Utara, dimana satu kelas dijadikan kelas eksperimen I dengan menggunkan strategi inkuiri terbimbing dengan menggunakan media power point bervideo, satu kelas berikutnya dijadikan kelas eksperimen II dengan menggunakan strategi inkuiri terbimbing tanpa media dan kelas terakhir dijadikan sebagai kelas eksperimen III dengan menggunakan strategi konvensional, diketahui bahwa ketiga sampel tersebut berdistribusi normal dan homogen. Analisis data untuk nilai karakter peserta didik dan hasil belajar peserta didik, diuji menggunakan SPSS 15 for windows dengan menggunakan analisis One way Anova dan One Sample T-test. Dari hasil analisis tersebut, maka peneliti memperoleh bahwa 1) strategi inkuiri terbimibing dengan modifikasi media power point bervideo mempengaruhi signifikan terhadap nilai karakter disiplin, 2) strategi inkuiri terbimibing dengan modifikasi media power point bervideo dapat mempengaruhi nilai karakter berpikir logis dan kritis, 3) Pada hipotesis yang ketiga ini terdapat pengaruh signifikan rasa percaya diri siswa, namun setelah dilakukan uji lanjut dengan Tukey diketaui bahwa kelas eksperimen I terhadap kelas eksperimen II tidak dapat perbedaan terhadap nilai karakter percaya diri peserta didik, namun untuk kelas eksperimen I terhadap kelas eksperimen III terdapat pengaruh nilai karakter percaya diri, 4) Pada hipotesis yang keempat ini terdapat pengaruh signifikan rasa demokrasi siswa, namun sama halnya dengan hipotesis ketiga bahwa kelas eksperimen I terhadap kelas eksperimen II tidak dapat perbedaan terhadap nilai karakter demokrasi peserta didik dengan hasil signifikan, namun untuk kelas eksperimen I terhadap kelas eksperimen III terdapat pengaruh terhadap nilai demokrasi dan 5) strategi dengan modifikasi media berpengaruh signifikan nilai karakter tanggung jawab peserta didik serta 6) strategi inkuiri terbimbing dengan modifikasi media power point bervideo dapat mempengaruhi signifikan nilai hasil belajar peserta didik, serta hasil gain menunjukkan kelas eksperimen I 0,76 dengan kategori tinggi, kelas eksperimen II dan kelas eksperimen III berkategori sedang dengan nilai gain sebesar 0,54 dan 0,44 berkategori sedang. Dengan demikian strategi yang di modifikasi dengan media dapat membuat peserta didik memahami materi larutan asam basa dengan tepat, benar dan membuat peserta didik lebih cepat dalam menemukan masalah ataupun menyelesaikan masalah larutan asam basa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJahro, Iis Siti196510151992032003
Thesis advisorSilalahi, Albinus195303201980121001
Call Number: 546.071 Bul p
Keywords: Larutan asam basa; Microsoft powerpoint; Pendidikan karakter; Inquiry based learning; Komputer
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4113

Actions (login required)

View Item View Item